Advokat Husein Lee: Tidak Ada Penipuan Sama Sekali di ILC

SOMASI TERBUKA

Dengan Hormat,

Saya TOGU SUGIANTO SITORUS, SH Advokat dan Penasehat Hukum pada Kantor Hukum Lee Sitorus & Rekan yang berkedudukan di Jalan Tanjung Duren Timur 6, No.2, Jakarta Barat, Tlpn 021-29201115 ext 104 /081384100297. bertindak untuk dan atas nama International Language Center (ILC). Sehubungan dengan adanya posting / publish tulisan yang menyangkut nama International Language Center (ILC) di blog alamat tbilanguageschool.org atau siapapun yang menulis dan mempublish tulisan serta mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen eletronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik dan/atau memfitnah International Language Center (ILC), dengan ini kami menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Bahwa berdasarkan database International Language Center (ILC) cabang Bekasi tidak memiliki member bernama Bu Novi.
  2. Bahwa berdasarkan database membership International Language Center (ILC) cabang Bekasi yang menjadi member adalah anak dari Bu Novi. International Language Center (ILC) telah mengklarifikasi permasalahan tersebut dan member tersebut telah menyelesaikan pendidikanya di International Language Center (ILC) dengan baik.
  3. Bahwa International Language Center (ILC) tidak pernah melakukan penipuan kepada siapapun dan tidak pernah tersangkut masalah hukum baik pidana maupun perdata;
  4. Bahwa informasi dalam blog tbilanguageschool.org yang menyudutkan International Language Center (ILC) merupakan tuduhan yang tidak berdasar dan merupakan perbuatan tindak pidana, serta upaya persaingan usaha tidak sehat dari kompetitor yang berusaha menjatuhkan nama baik International Language Center (ILC) dengan sengaja mengkaitkan dan mendaur ulang berita berita yang tidak valid dan tidak berdasar.
  5. Bahwa berdasarkan Pasal 310 ayat (1) dan (2) KUHP yang berbunyi:

“BARANGSIAPA MERUSAK KEHORMATAN ATAU NAMA BAIK SESEORANG DENGAN JALAN MENUDUH DIA MELAKUKAN SESUATU PERBUATAN DENGAN MAKSUD YANG NYATA AKAN TERSIARNYA TUDUHAN ITU, DIHUKUM KARENA MENISTA, DENGAN HUKUMAN PENJARA SELAMA-LAMANYA SEMBILAN BULAN ATAU DENDA SEBANYAK-BANYAKNYA RP 4500”

“KALAU HAL INI DILAKUKAN DENGAN TULISAN ATAU GAMBAR YANG DISIARKAN, DIPERTUNJUKKAN KEPADA UMUM ATAU DITEMPELKAN, MAKA YANG BERBUAT ITU DIHUKUM KARENA MENISTA DENGAN TULISAN DENGAN HUKUMAN PENJARA SELAMA-LAMANYA SATU TAHUN EMPAT BULAN ATAU DENDA SEBANYAK-BANYAKNYA RP 4500”

BERDASARKAN PASAL 311 AYAT (1) KUHP TENTANG MEMFITNAH;

“BARANGSIAPA MELAKUKAN KEJAHATAN MENISTA ATAU MENISTA DENGAN TULISAN, DALAM HAL IA DIIZINKAN UNTUK MEMBUKTIKAN TUDUHANNYA ITU, JIKA IA TIADA DAPAT MEMBUKTIKAN DAN JIKA TUDUHAN ITU DILAKUKANNYA SEDANG DIKETAHUINYA TIDAK BENAR, DIHUKUM KARENA SALAH MEMFITNAH DENGAN HUKUMAN PENJARA SELAMA-LAMANYA EMPAT TAHUN.”

Serta berdasarkan PASAL 27 AYAT (3) JO.PASAL 45 AYAT (1) UU NO. 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK (UU ITE) :

“SETIAP ORANG DENGAN SENGAJA, DAN TANPA HAK MENDISTRIBUSIKAN DAN/ATAU MENTRANSMISIKAN DAN/ATAU MEMBUAT DAPAT DIAKSESNYA INFORMASI ELEKTRONIK DAN/ATAU DOKUMEN ELEKTRONIK YANG MEMILIKI MUATAN PENGHINAAN DAN/ATAU PENCEMARAN NAMA BAIK.” (PASAL 27 AYAT [3] UU ITE)

“SETIAP ORANG YANG MEMENUHI UNSUR SEBAGAIMANA DIMAKSUD DALAM PASAL 27 AYAT (1), AYAT (2), AYAT (3) ATAU AYAT (4) DIPIDANA DENGAN PIDANA PENJARA PALING LAMA 6 (ENAM) TAHUN DAN/ATAU DENDA PALING BANYAK RP 1.000.000.000,00 (SATU MILIAR RUPIAH)” (PASAL 45 AYAT [1] UU ITE)

Maka dengan ini, kami menyampaikan PERINGATAN KERAS kepada pemilik account tbilanguangeschool.org atau siapapun yang menulis dan mempublish tulisan serta mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen eletronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik dan/atau memfitnah International Language Center (ILC) dan agar segera menyampaikan permohonan maaf dan klarifikasi kepada International Language Center (ILC) dalam tempo 1 x 24 jam. Apabila peringatan ini tidak diindahkan maka, kami akan melakukan upaya hukum baik pidana maupun perdata.

Demikian SOMASI TERBUKA ini disampaikan kiranya dapat dimaklumi.

Jakarta, 04 Juni 2015

Kuasa Hukum

International Language Center (ILC)

TTD

TOGU SUGIANTO SITORUS, SH

Advokat & Penasehat Hukum

Tembusan :

  1. POLDA METRO JAYA
  2. DIREKTORAT KRIMINAL KHUSUS POLDA METRO JAYA
  3. SUBDIT CYBER CRIME POLDA METRO JAYA

125 thoughts on “Advokat Husein Lee: Tidak Ada Penipuan Sama Sekali di ILC

  1. Hey Pengacara ILC , Jangan banyak omong deh situ , kalau situ ga ada penipuan bagaimana sales bilang guru 90% Native dan nyatanya native cuman 10% bagaimana itu punya tanggung jawab ? Sales bilang nanti kelas fleksibel sesuai dengan level , kok bisa anak baru masuk digabung sama yang sudah 1 tahun les ? Kalau kamu bilang ga ada penipuan , kok bisa anak baru masuk 8bulan digabung sama yang ga bisa sama sekali bahasa jepang ? Iya memang bukan bu novi , masak anak kecil kamu suruh ngeluh ke Customer Service ?
    Ya menurut saya kalau ga mau dikomplen ya bikin yang bagus donk lesnya , jangan asal asal bikin lesnya.
    Menurut saya sih sebagai murid ILC , Blog ini kan tempat kita mengeluh kesah tentang les les yang jelek dan ga jelas.
    Yang bikin blog , menurut saya tetap bersemangat saja melakukan dokumentasi terhadap : Rumah Bahasa , Global Bahasa , ILC , Global Langugae Center ,sama les yang lain

  2. Hi , saya keiko saya dulu pernah ngelesin adik saya di ILC Poins Square , tempatnya bagus , pertamanya sih ok walaupun rada berantakan tapi kelamaan banyak guru yang masuk dan keluar , jadi buat student ga nyaman. Kemudian , salesnya sih jujur memang janjinya selangit , kalau di mall sales yang paling ngeri menurut saya sales ILC , Kalau nyuruh orang join nelpon pagi siang malam , tapi kalau udah join “Good Bye”. Dulu aku join sama sales lupa namanya , pass pameran di carrefour yang depan poins. Mungkin ILC bisa membenahi manajemen terutama di turn over guru soalnya itu buat orang ga nyaman banget , kalau salesnya bohong udahlah semua sales juga banyak bokis , kaya sales kartu kredit free selamanya eh cuman free 1 tahun iuran tahunan, jadi kalau menurut saya mungkin Sales ILC yang suka nipu bukan perusahaannya. Perusahaan harus tegas sama sales yang tukang bohong dan janji selangit. Saya dijanjikan buku tapi dikasih fotokopian , saya dijanjikan kelas 90% Native tapi jujur sih , mungkin manajemen bisa lihat sendiri di poins square. Thank you

  3. Alamat kantor pengacaranya kok sama kaya Kantor Pusat ILC ? Itu sih bukan kantor pengacara itu sih kantor pusat ILC ? Apa ILC udah bikin usaha kantor advokat ya atau LBH ?

    • dicurigai cuma ngarang doang pihak ILCnya
      ya kali bisa buka kantor pengacara kalau ga lulus peradi :nohope

  4. Ada informasi tambahan :

    1. 1004DKI-04007 TOGU SUGIANTO SITORUS (Tgl Ultah) 31 MEI 1986 (Data Peradi Pengacara ILC )

    2. Kasus yang pernah di tangani : Perceraian Fra dan Ros (Sampai ke Mahkamah Konstitusi Loh) , cek di web MA aja. Kasus korban kecelakaan kerja atas nama korban Fauzy . (Jadi kalian hati2 ya ini pengcara yang sudah sering berkara di pengadilan loh)

    3. Ini fotonya nyari di google aja ya

    4. Mungkin nongol di blog , buat promosi juga ya

    5. Dulu pernah kerja di Golds Gym ya ? Kalau ga salah ya … Mohon maaf kalau ada yang salah

    ilcourse.com
    cantika.sharon@gmail.com

      • Menurut aku :
        a. Jika ILC tidak merasa menipu , cukup tunjukkan bukti bahwa selama ini semua student tidak ada yang komplen termasuk di internet juga.
        b. Jika Husein , sebagai pemilik ILC merasa namanya dicemarkan ya silahkan buktikan semuanya. Misalnya katanya bukan karyawan celebrity fitness , suruh buktikan kalau dia bukan karyawan celebrity fitness dulunya.
        c. Jika ILC itu baik , menurut saya sih yang nulis komen pasti ada bekas karyawan ILC yang kecewa , ya kalau ga mau karyawan anda berteriak yang kalian kasih hak hak nya dan berikan kewajiban juga yang berdasar.
        d. Saya pernah tanya sama staff di ILC namanya Yuni katanya di sana itu jam kerjanya aja 12 jam , OFF Seminggu sekali , coba dipikir lagi dan ga ada uang lembur buat staff.
        e. Kalau ILC itu bagus ga mungkin pegawainya ganti – ganti.

        Jujur ini seharusnya kita semakin menguak ada apa dengan ILC ini , kok sampai tidak terima dibilang sesuai dengan blog ini. Saya sih menantang untuk membuktikan omongan pengacara ILC dimana ILC telah memenuhi semua prosedur hukum dan administrasi negara untuk melakukan aktifitas aja.

        Gitu aja kok repot , kalau kata Gus Dur

      • Assalamualaikum
        Saya mau tanya donk , Apakah moderator pemilik blog ini Takut terhadap ancaman Pengacara ILC ini ? Saya harap kebenaran terus diangkat dan dibuktikan semuanya karena saya lihat informasi dalam blog ini semuanya hampir dikatakan sangat akurat sekali. Assalamualaikum

      • Terima kasih atas dukungannya bro. Sebenernya saya orang bule yang tinggal jauh dari Indonesia. Jadi International Language Center harus mencari advokat di Australia kalau mau tutup mulut saya. Saya tidak suka korupsi dan penipuan dalam kursus Bahasa Inggris dan saya senang melayani belajar yang mencari kursus yang benar.

      • Liat ini alamat ILC :

        Lepas urusan GPJB 2014, Suami saya menyempatkan diri untuk bertemu dengan Dhika, yang menantang dari kunjungan kami ke HO nya ILC ini adalah, SULITNYA MENCARI ALAMAT Jl Tanjung Duren Timur VI No 2, bolak balik area Tanjung Duren Timur, tidak ada plang yang menunjuk itu adalah Kantor Pusat International Language Centre ILC ataupun nomor 2, alhasil kami bertanya pada pemilik rumah Jl Tanjung Duren Timur No 2A, dimana No 2 nya???

        Liat ini alamat pengacaranya

        Saya TOGU SUGIANTO SITORUS, SH Advokat dan Penasehat Hukum pada Kantor Hukum Lee Sitorus & Rekan yang berkedudukan di Jalan Tanjung Duren Timur 6, No.2, Jakarta Barat

        Komentar saya :

        Kok aneh ya ? Pengacara kok alamat sama kliennya sama gitu ? Kok bisa ya ?

      • kalau adminnya ga berani sama ancaman ga mungkin dia post di sini juga hasil somasinya 😀

      • Saya percaya ILC akan jadi bankrut dalam beberapa bulan. Mungkin Husein Lee akan menjadi buron seperti Yuda Firdaus Sugama dan Riswanda. Menurut saya ini kasus penjahatan bukan sekolah.

      • ILC Ga akan mampu bayar pengacara di Australia , soalnya dia keburu malu dan malu soalnya bayangin aja , Gaji pegawai aja dibayar cuman 50% lalu mau lagak pakai pengacara, Togu itu palingan pengacara abal abal juga , kasusnya kasus ga keren kok di google, apalagi dia bekas karyawan golds gym perusahaan sejenis ILC marketingnya , Liat deh si Togu itu bisa apa.

        Lagian kalau di Australia , saya mau tanya deh , itu pengadilan aussie panggil2 orang indo mungkin ga ? ENGGAK LAH , Lalu pass dipanggil pun semua murid ILC pasti berteriak – teriak.

        Dasar pengacara abal – abal , baru lulus kemaren sore. Semoga nie pengacara ga punya klien ya

    • Bukan perkara kasus hebat, kirain tuh pengacara udah keluar masuk BUI alias penjara

      Mau buka data peradi yaaa monggo at least publik udh tau kok ada yaaa alamat kantor jadi satu sama kantor pusat ILC

      Itu LEMBAGA KURSUS APE LBH TOGU hahaha

      Garis keras halak batak lucu mau tipu tipu buat takut rakyat awam hukum kckckc kejam nya dunia ini..

  5. ILC Pelitnya setengah mati , sama OB aja pelit banget bossnya , mau ke Polda segala emangnya kalau ke sana gmana ? Lupa ? Gratis apa kalau mau laporannya ditanggapin ? Di kantor saya aja , mau buka web blog yang jelek2kan kantor saya aja harus keluar miliaran rupiah , ILC ILC adik saya aja kerja di ILC , Komisinya dibayarnya kurang bayar , gajinya keluar cuman di bayar 50% , ILC oh ILC.
    Kalau ga mau dibilang nipu selama ini , apakah sudah memuaskan customer sesuai dengan janji janji salesnya ? apakah sudah memberikan servis terbaik kepada customer ? apakah sudah memberikan hak – hak customer sesuai dengan peraturan dinas pendidikan ? coba baca aja di google komplen – komplen ILC banyak banget banget , kalau mau somasi ya di somasi semuanya aja , Kalau memang jelek ya hasilnya jelek , kalau bagus ya hasilnya bagus , ga mungkin anak harimau keluarnya anak kambing. bener kan ? apa yang kamu tabur itu yang kamu tuai.
    Kalau mau tanggapin komplen jangan cuman Bu Novi aja , tapi semuanya yang ada di google. Itu somasi , kok ada somasi terbuka saya baru tau aja ada somasi terbuka , Inget loh jangan putar – putar omongan untuk bersihkan diri tapi bersihkan dulu dalamnya sebelum luarnya kelihatan.

    Pemilik blog ini , menurut saya tidak perlu takut selama itu benar dan benar tidak akan bisa kok ILC mau nuntut apapun juga , jujur sih kalau sampe ke Polda , emangnya kuat uangnya berapa ? berapa ? sekalian aja ke Pak Budi Gunawan lewat Mabes Polri ga usa polda lagi , Tanggung. Kan ini kan internet kalau yang nulis orangnya ada di inggris apa di nigeria coba ? Mau ditangani Polda ? Mabes lah , jujur tulisan somasinya sih kaya anak kecil baru lulus ujian hukum. Ya mungkin ini waktunya ILC koreksi diri karena sudah banyak orang yang kecewa sebagai murid , pekerja dan lainnya .

    Sekian dan terima kasih , Assalamualaikum

    • nah, pemilik blognya aja orang australia (pernah ada baca komen adminnya di artikel lain)
      mau nuntut gimana coba

      atau somasinya kopas dari internet 😛
      terus nama pengacaranya dicatut2

  6. Ini apaya ? Bagaimana dengan komplain ini ?

    Digantung Pihak ILC International Language Centre 2
    April 29, 2015 by irmalida

    ILCSemula saya berpikir hanya kami yang mengalami masalah ‘refund yang digantung’ macam ini, ternyata track record lembaga bahasa yang satu ini untuk urusan ‘ketidak jelasan’ management, pelayanan dan janji-janji memang sudah sangat populer. Bermula dari ketertarikan kami dengan men-submit nama anak kami Shinnichi Vega Kimirossi di ILC Lippo Karawaci untuk bergabung dalam lembaga bahasa yang saat kami ditawarkan dan memutuskan untuk mendaftar, bangunan ILC Lippo Supermall Karawaci dan fasilitas kelasnya pun belum ada, masih toko-toko lapakan DVD bajakan di basement, berdasar dengan tawaran dan janji Julia, leader para sales yang ada di booth depan Bread Life, Supermall Karawaci kalau tidak salah kurang lebih akhir September 2014 kala itu, membuat kami akhirnya melunasi pembayaran untuk 6 bulan pertama bonus 2 bulan dan dapat direfund, sebelum masuk jadwal belajar mengajar yang rencananya Oktober 2014. Semula kami ingin mendaftar untuk anak kami Takumi Ryu Braveian juga, tapi karena ‘seperti membeli kucing dalam karung’ akhirnya suami memutuskan membayar untuk Vega dulu dan oleh Julia, Ryu diberikan Free Trial di kelas yang ada di Mal Ciputra, Citraland.

    Lewat telpon kami dikabari oleh Customer Service, jadwal belajar mengajar belum bisa dilaksanakan Oktober, karena Vega di Sekolah diharuskan ikut Kegiatan Ekstrakurikuler jadilah hari libur saya dan suami ke ILC Supermal Lippo Karawaci untuk membatalkan keikutsertaan Vega dan meminta untuk refund sesuai dengan kesepakatan semula, pada saat kami membatalkannya pun bangunan gedung ILC Supermal Lippo Karawaci belum set-up dan lepas bicara dengan sales representative di ILC Lippo Karawaci, saat itu bersama dengan Sam dengan manager areanya adalah Dolly atau Doddy, saya sampai lupa. Hasil dari kunjungan kali itu, Sam bilang akan membicarakan ke HO (Head Office, red) dan kami akan dikabari dalam 1 sampai 2 minggu, dan lepas dari pembatalan kami tidak berapa lama dari pihak customer service menghubungi kami memberitahukan schedule Vega masuk kelas di bulan November 2015, suami saya berang…
    “loh, kami kan sudah mengajukan pembatalan ke pihak ILC Lippo Karawaci, kok malah diinfo schedule???”
    Si Customer Service hanya merespon “Maaf Pak, kami dari Kantor Pusat, nanti coba kami sampaikan lagi ke management”
    Saya dan Suami hanya lihat-lihatan, dan mengomentari…
    “Duh, sekelas ILC loh… ”

    Tidak ada reaksi positif, ditelponin nomor ILC Lippo Karawacinya, tidak pernah bisa-bisa, sampai akhirnya, kami kunjungi Gedung ILC nya yang katanya kala itu sudah beroperasi.
    Betul, sampai sana disekitar akhir Oktober 2014, kami lihat bangunannya sudah jadi, dan sudah beroperasi, saat itu kami langsung diangkut Sam ke ruang meeting kecil yang ada di dekat kelas Nihon Go, hehehe…mungkin Sam takut kami mencak-mencak karena lobby kecil mereka sedang agak ramai, entah ramai yang mau daftar atau yang mau complain. Pertama kali yang saya tanyakan sama Sam adalah, “kenapa no telpon ILC Lippo Karawaci yang diberikan pihak sales saat kami registrasi tidak dapat dihubungi?”, Sam menjawab, nomornya salah dan dia memberikan nomor baru, hmmmm.
    Suami saya pertanyakan, bagaimana ini?
    Sam bilang, “Saya sudah bicarakan dengan atasan saya dan atasan saya sudah bicara ke HO (*kala itu saya dengar namanya entah Dolly atau Doddy, karena kalau Julia itu ada di HO sambung Sam) dan mengenai refund ini akan ada potongan administrasi”, Suami saya yang saat itu sedang buru-buru pun langsung jawab, “Iya kami tidak masalah ada admin fee nya, toh anak kami pun belum masuk, jadwalnya pun baru November nanti, kapan prosesnya dijalani dan harus berapa lama lagi kami menunggu?”, berusaha menenangkan Suami, Sam pun menjawab “Paling lambat 1 sampai 2 minggu Pak”, seperti telah terprogram, jawabannya jadi paten para sales representative ILC Lippo Karawaci mungkin ya.

    Kami masih positive thinking dan percaya bahwa ILC bukan lembaga bahasa abal-abal.

    Sampai akhirnya kami lelah, menunggu, menelpon Sam berkali-kali dan sampai akhirnya datang lagi ke ILC Lippo Karawaci untuk menagih janji, dan jawaban kali ini membuat kami terkejut, HATI-HATI DENGAN LEMBAGA BAHASA ILC.

    Sam mengenalkan kami dengan Dandy, Area Manager pengganti entah Dolly atau Doddy yang sebelumnya menjadi Area Manager ILC Lippo Karawaci, saya menjelaskan duduk perkaranya lagi dari awal, Dandy orang yang baik, dia mendengarkan dan mungkin karena baru dia berusaha tenang menyikapi reaksi kami yang sudah sangat LELAH DIGANTUNG ILC.
    Sampai akhirnya Dandy mengeluarkan statement ;

    “Maaf Bapak-Ibu, saya baru disini, setahu saya diawal saya masuk disini memang management tidak memperbolehkan adanya REFUND, memang setelah saya masuk sini banyak sekali complain dari yang area manager sebelum saya belum selesaikan dan akhirnya saya informasikan orang tua yang complain refund untuk ke HO (Head Office,red) bertemu dengan Bapak Dhika, ini alamat HOnya Pak-Bu”, ujar Dandy seraya memberikan alamat HO dan contact person disana.

    Kami tidak puas hanya seperti itu, kok tiba-tiba semua jadi “mentah”, kan respon terakhir yang saya dapat dari Sam sebelum ada Dandy, bahwa akan ada admin fee yang dipotong dari hampir 5 juta yang kami bayarkan untuk 6 bulan (* free 2 bulan keikut sertaan Vega). KAMI SUPER KECEWA.

    Saya panggil Sam untuk menjelaskan duduk masalahnya di internal ILC, mengingat saya dan suami sudah sangat sabar dan mencoba memberi kesempatan pihak ILC untuk menyelesaikan.

    Sam akhirnya menceritakan semuanya ;

    KAMI BUKANLAH ORANG PERTAMA YANG DATANG UNTUK REFUND, JULIA SEKARANG SUDAH TIDAK ADA, ATASAN DIA YANG DULU PUN SEKARANG DIGANTI DANDY YANG SEKARANG, KARENA BANYAKNYA MASALAH REFUND DI ILC AKHIRNYA BERAKIBAT DIKELUARKAN PERATURAN BARU “TIDAK BISA REFUND”, SAM DAN MANAGER YANG DULU SUDAH MENCOBA, TAPI HO MENGELUARKAN KEPUTUSAN BARUNYA, KAMI DISARANKAN NAIK BANDING KE HO, BERTEMU DENGAN DHIKA.

    Berikut adalah thread di Kaskus, para barisan sakit hati yg dijanjikan Lembaga bahasa ILC, klik ini.

    Lepas urusan GPJB 2014, Suami saya menyempatkan diri untuk bertemu dengan Dhika, yang menantang dari kunjungan kami ke HO nya ILC ini adalah, SULITNYA MENCARI ALAMAT Jl Tanjung Duren Timur VI No 2, bolak balik area Tanjung Duren Timur, tidak ada plang yang menunjuk itu adalah Kantor Pusat International Language Centre ILC ataupun nomor 2, alhasil kami bertanya pada pemilik rumah Jl Tanjung Duren Timur No 2A, dimana No 2 nya???
    pun si penghuni yang rumahnya ada toko Kue dan Roti di No 2A pun itu malah balik nanya Tanjung Duren? Tanjung Duren Timur? atau Tanjung Duren Timur Dalam?
    Hadeh.

    JANGAN PERNAH MEREMEHKAN TUKANG OJEK
    Akhirnya Suami saya bertanya pada tukang Ojek, kami kontan kaget luar biasa, ya ampun ini kantor pusatnya ILC, kok kaya kost-kostan serius???
    dari cerita dari Tukang Ojek mangkal disitu kami tahu bahwa banyak orang yang pada marah-marah nanyain kantor ILC.
    Itu kantornya, bercat putih, kusam, lebih tepat seperti kost-an low budget … ya ampun 😦

    Sampai didalam kantor, pun seperti kantor asal-asal ada bangunan, lobbynya gak merespresentasi kalau itu HO nya ILC, Kantor Pusatnya loh…
    Pantas saja, banyak yang nyasar dan masalahnya pada nge-gantung.

    ILCAlhamdulillah kami bertemu Dhika, Suami sampai kaget, ya ampun Dhika yang Manager di HO itu adalah dulu yang tahun lalu Sales Admin yang mengurus registrasi kami, akhirnya Suami saya ceritakan semua dan seperti biasa, jawabannya pun kalem dan sangat meyakinkan, “Oke Bapak, kami proses, saya akan bicarakan dengan atasan saya, seharusnya proses ini tidak makan waktu lama Pak, setelah di approve sama Pihak ILC, besok biasanya langsung transfer ke rekening yang diinfokan ke ILC.” Keluar dari Gedung tersebut seperti membawa harapan baru.
    Dalam benak kami hanya ada satu, ooo…mungkin ILC menghindari pajak, makanya kantor pusatnya dibikin gembel kaya gini, kami masih berusaha positive thinking.

    Janji tinggal Janji.
    Dhika sulit dihubungi, sampai akhirnya saya coba hubungi lewat nomor kantor saya, karena lewat no HP, tidak bisa.
    BERHASIL.
    Saya bicara dengan Dhika menanyakan bagaimana progress nya.
    NGENES.
    Saya malah mendapat curhatan Dhika yang sudah 2 minggu an resign dari ILC, damn.
    Saya diminta hubungi Pongky, karena dia adalah yang menggantikan Dhika sekarang.

    C’MON !!!!
    Uang hampir 5 juta tersebut memang mungkin tidak berarti buat kalian, tapi tidak bagi kami, yang sumpang sumbel mencari uang mengais -ngais rezeki halal, uang itu sangat berharga buat kami.
    Tapi positive thinking kami was OVER !!!

    Suami saya meminta saya menghubungi Pongky di HO, saya coba hubungi berkali-kali, Pongky belum datang, tidak ada di tempat, dan saat dimintai no HP nya, jawabannya tidak tahu.

    LEBIH DARIPADA BERANG, MARAH DAN KECEWA.
    Kami kembali lagi ke ILC Lippo Karawaci disuatu sore dihari Libur, pas sekali ada Dandy dan Sam juga beberapa Guru yang nongkrong di Meja Resepsionis, Kami enggan diajak ke ruang meeting, selesaikan di lobby biar semua orang tahu mungkin lebih baik, lelah menanti dan diberi harapan palsu dari Oktober 2014 sampai detik saya membuat postingan ini. Dilempar sana-sini dan berusaha sabar mengikuti birokrasinya. Kami enggan menemui Pongky di yang katanya HO tersebut, dihubungi ditelpon HO saja tidak pernah ada, bisa-bisa kami kesana, walaupun orangnya ada tapi dibilang tidak ada, mana kami tahu.

    Dandy tidak berapa lama menghubungi suami saya, dan menanyakan lagi nama detail Vega dan akan menjadwalkan pertemuan kami dengan pihak Legal ILC, minggu kemarin lepas dari Dandy bbm suami saya, suami saya pun ditelpon customer service nya ILC, tololnya CS tersebut menanyakan Vega mau dijadwalkan kapan masuk kelas, kontan suami kaya mau makan tuh CS kalo tuh CS didepan dia mungkin…
    ” saya baru saja bertemu area manager ILC Lippo Karawaci mempertanyakan progress refund kami, lah ini ditanyain schedule Vega, kalian kok gak kompak banget sih ???”

    “Okay Pak, nanti saya coba kordinasikan ke pihak ILC Lippo Karawaci, (alasan super standar) karena saya dari Kantor Pusat ILC”

    *gasping*

    Semoga Kesabaran ini masih tersisa.
    Kami berpikir, management yang awut-awutan macam ini untuk sekelas ILC itu sangat memprihatinkan sekali.
    Dari Julia, Dolly/Doddy, Dhika yang berakhir resign dan sekarang Pongky yang entah kapan resign juga benar-benar jadi warning, HATI-HATILAH MEMILIH LEMBAGA PENDIDIKAN BAGI ANAK.

    Kami masih menunggu itikad baik Dandy menyelesaikan urusan Refund kami yang menguras energi dan melelahkan, kita tunggu saja di posting saya berikut, bagaimana update nya.

    • gw kebetulan domisili karawaci
      ini kursus tiap hari buka stand, tahu karena aku kuliah di deket mall (depan mall) dan mau ga mau pasti lewat mall, kalau ngajak gabung dikerubutin terus nanya-nanya saldo lagi #sigh

  7. Informasi ILC di Google di female daily forum :

    Mrsjs
    Posted: , 05:19 PM Jan 25, 2015
    Tapi yang aku denger, les di ILC kurang bagus. Lebih bagus Berlitz….

    priyayi
    Posted: , 09:29 PM Jan 27, 2015
    Aku mau ambil kursus bahasa mandarin dan sudah survey ke 2 lokasi, yaitu ILC & Happy Learning Mandarin Centre (ini baru ada di Bekasi).
    ILC (waktu belajar 75 menit)
    – too pricey utk kursus yang harus bayar lunas di muka (kursus bahasa mandarin hanya ada 9 dan 16 bulan)
    – utk kelas pemula, pengajar masih lokal
    – SA nya agak maksa supaya kita daftar :sweat:
    + dengan harga yang pricey tersebut, kita bisa ambil 2-3 bahasa sekaligus
    + jadwal (jam dan jumlah hari) kursus fleksibel (disesuaikan dgn jadwal tutor), jadi boleh tuh seminggu masuk kelas mandarin minimal 3x
    + meski hanya ada 1 atau 2 murid, kelas tetap berlangsung
    + ada di mall ,jadi bisa cuci mata 😉

    Happy Learning Mandarin (waktu belajar 90 menit)
    – kelas akan dimulai jika jumlah murid >5 orang (jadi belum tau bulan apa akan dimulai)
    – jam kursus tidak fleksibel & seminggu hanya ada 1x
    + biaya kursus cukup terjangkau
    + pembayaran per 3 bulan
    + meski kelas pemula, diajari langsung oleh native speaker
    Just to share, cmiiw 🙂

  8. adis2014oke
    Newbie – Join: 14-07-2014, Post: 2
    14-07-2014 16:45

    Ketidakjelasan ILC Puri Indah dan Tidak Legal Tempatnya , Salesnya Bapak Glen
    Hi Member kaskus ,

    Nama saya anwar, saya pada sekitar bulan april / mei saya mendaftarkan anak saya untuk belajar bahasa arab dan inggris di ILC (International Language Center). Ceritanya adalah saya berkunjung di Mall Puri Indah untuk makan bersama anak istri di Food Court lantai 3. Pass turun saya dicegat oleh Sales dari tempat sekolahan . Setelah itu saya tahu namanya ILC katanya mau buka di Carrefour Puri Indah bulan Juni. Saya daftar bayar 680ribu per bulan tapi harus bayar langsung 12 bulan katanya karena level pelajaran seperti itu.

    Pada bulan Juni 2014 , saya tunggu telepon dari ILC Puri Indah pass itu saya tahunya nama manajer yang ngasih saya diskon bernama Bapak Glen orangnya chinese agak gemuk. Saya ga di telepon telepon , saya langsung cari tahu katanya kantor pusatnya di Poins Square sesuai dengan data yang saya dapat di facebook ILC Course tapi pass saya ke Poins Square saya ketemu sama orang ILC namanya Bp Fachrul katanya manager sana lalu saya dioper ke ILC Mall Ciputra katanya di sana kantor pusat yang baru lalu saya ke Mall Ciputra saya ke sana , saya ketemu sama staff sana namanya Bu Fara lalu saya ke sana disuruh ngomong sama customer servisnya tapi lalu saya disuruh ketemu orang keuangan tapi ga ada juga. Saya cuman mau kejelasan saja tapi mereka bilang akan buka di Mall Saint Moris tapi bukanya di undur 6 bulan lagi soalnya memang mall saint Moris belum jadi. Lalu saya putuskan mau daftarkan anak saya Bahasa Arabnya di Pondok Pesantren daerah kemanggisan dan Bahasa Inggrisnya di English First jadi saya minta refund soalnya ga sesuai dengan apa yang dijanjikan sama salesnya. Tapi katanya ga bisa Refund. Saya jelas marah donk lalu saya coba cari tahu ke Kantor Kecamatan Kembangan disana ternyata ILC Puri Indah BELUM DAPAT IJIN OPERASIONAL dan masih ILEGAL Statusnya.

    Saya sampai hari ini sudah menunggu Refund tapi tidak dibayar – bayar juga , saya sangat kecewa dan bagi orang – orang yang tinggal di PURI INDAH hati – hati KURSUS ini sanagt berbahaya karena BELUM JELAS SEMUANYA.

    Terima Kasih

  9. 2 thoughts on “Digantung Pihak ILC International Language Centre”
    vinia
    May 5, 2015 at 7:40 am
    Mbak…saya punya masalah yg sama. Saya merasa ketipu. Boleh saya hubungin mbak?
    Reply
    irmalida
    May 6, 2015 at 9:58 am
    hubungi saya di 08561016661, invite saya di pin BB 7ECA8E5C
    Reply

  10. Ketidakjelasan ILC Puri Indah dan Tidak Legal Tempatnya , Salesnya Bapak Glen
    Hi Member kaskus ,

    Nama saya anwar, saya pada sekitar bulan april / mei saya mendaftarkan anak saya untuk belajar bahasa arab dan inggris di ILC (International Language Center). Ceritanya adalah saya berkunjung di Mall Puri Indah untuk makan bersama anak istri di Food Court lantai 3. Pass turun saya dicegat oleh Sales dari tempat sekolahan . Setelah itu saya tahu namanya ILC katanya mau buka di Carrefour Puri Indah bulan Juni. Saya daftar bayar 680ribu per bulan tapi harus bayar langsung 12 bulan katanya karena level pelajaran seperti itu.

    Pada bulan Juni 2014 , saya tunggu telepon dari ILC Puri Indah pass itu saya tahunya nama manajer yang ngasih saya diskon bernama Bapak Glen orangnya chinese agak gemuk. Saya ga di telepon telepon , saya langsung cari tahu katanya kantor pusatnya di Poins Square sesuai dengan data yang saya dapat di facebook ILC Course tapi pass saya ke Poins Square saya ketemu sama orang ILC namanya Bp Fachrul katanya manager sana lalu saya dioper ke ILC Mall Ciputra katanya di sana kantor pusat yang baru lalu saya ke Mall Ciputra saya ke sana , saya ketemu sama staff sana namanya Bu Fara lalu saya ke sana disuruh ngomong sama customer servisnya tapi lalu saya disuruh ketemu orang keuangan tapi ga ada juga. Saya cuman mau kejelasan saja tapi mereka bilang akan buka di Mall Saint Moris tapi bukanya di undur 6 bulan lagi soalnya memang mall saint Moris belum jadi. Lalu saya putuskan mau daftarkan anak saya Bahasa Arabnya di Pondok Pesantren daerah kemanggisan dan Bahasa Inggrisnya di English First jadi saya minta refund soalnya ga sesuai dengan apa yang dijanjikan sama salesnya. Tapi katanya ga bisa Refund. Saya jelas marah donk lalu saya coba cari tahu ke Kantor Kecamatan Kembangan disana ternyata ILC Puri Indah BELUM DAPAT IJIN OPERASIONAL dan masih ILEGAL Statusnya.

    Saya sampai hari ini sudah menunggu Refund tapi tidak dibayar – bayar juga , saya sangat kecewa dan bagi orang – orang yang tinggal di PURI INDAH hati – hati KURSUS ini sanagt berbahaya karena BELUM JELAS SEMUANYA.

    Terima Kasih

  11. RedZz de Lady ‏@RedZzdeLady Apr 26
    langsung gue bentak. ILC lagi!! udah berapa kali gue bilang jangan telpon lagi! gila eneg banget gue sama @ilccourse
    0 retweets 0 favorites
    Reply Retweet Favorite Follow
    More
    =] ‏@AlvaroGazelle Apr 26
    @RedZzdeLady @ilccourse diblokir aja kak kan ada applikasinya
    0 retweets 0 favorites
    Reply Retweet Favorite Follow
    More
    RedZz de Lady ‏@RedZzdeLady Apr 26
    @AlvaroGazelle @ilccourse kayaknya nomornya berubah-ubah jadi ga bisa block satu. lagian takutnya ada keperluan penting
    View translation

  12. Pernah baca iklan ILC dari karyawan ILC ga ? Ini baca ya , saya punya teman kerja di ILC namanya rendi dan dia pernah nulis iklan kaya gini kalau dicari cewek sebagai marketing dan sales dengan syaratnya yang saya paling tidak bisa terima adalah :
    1 Tidak Berjilbab
    2 Bersedia mengenakan rok pendek
    Apakah ini ingin menjual aurat perempuan sebagai daya tarik penjualan kursus bahasa ?
    Jujur sangat mengecewakan , saya tidak akan mau masuk ke perusahaan seperti ini dan saya juga sudah memberitahukan kepada kawan – kawan saya di Universitas Indonesia untuk more aware about this institute.

    Thank you

    • saya rasa kursus bahasa di UI jauh lebih bagus dan terjangkau daripada kursus bahasa gini

      kan ada di UI kursus bahasa asing yang disediakan FIB dan levelnya jelas

  13. RedZz de Lady ‏@RedZzdeLady 27 apr.
    stlh nunggu satu dua detik dengerin musik hold telponnya @ilccourse, akhirnya gue matiin aja trs gue ngetwit deh. hih. sebel. gemes. kesel.
    0 retweets 0 favorieten
    Beantwoorden Retweeten Favoriet Volgen
    Meer
    RedZz de Lady ‏@RedZzdeLady 27 apr.
    “ILC LAGI! Kamu tuh kayak mantan yg udah diputusin terus minta balikan melulu!!” tp belon selesai ngomong, telpon gw dihold ama @ilccourse
    1 retweet 0 favorieten
    Beantwoorden Geretweet1 Favoriet Volgen
    Meer
    RedZz de Lady ‏@RedZzdeLady 27 apr.
    yg barusan, gue udah expect itu dari @ilccourse lagi, jadi udah siap marah. abis dia blg “halo kak Henny, aku (??) dari ILC”, lgsg gw bentak
    0 retweets 0 favorieten
    Beantwoorden Retweeten Favoriet Volgen
    Meer
    =] ‏@AlvaroGazelle 27 apr.
    @RedZzdeLady @ilccourse diblokir aja kak kan ada applikasinya
    Gesprek weergeven 0 retweets 0 favorieten
    Beantwoorden Retweeten Favoriet Volgen
    Meer
    RedZz de Lady ‏@RedZzdeLady 27 apr.
    nah, terus ini barusan @ilccourse yang NELPON LAGI. tolong ya. posesif banget. obsesif banget. berenti bisa gak sih. UNREG!! UNREG!
    0 retweets 0 favorieten
    Beantwoorden Retweeten Favoriet Volgen
    Meer
    RedZz de Lady ‏@RedZzdeLady 27 apr.
    yg bikin tambah kesel, gue belom selesai ngebentak telponnya udah ditutup sama telemarketernya @ilccourse Jumat kemaren.
    0 retweets 0 favorieten
    Beantwoorden Retweeten Favoriet Volgen
    Meer
    RedZz de Lady ‏@RedZzdeLady 27 apr.
    langsung gue bentak. ILC lagi!! udah berapa kali gue bilang jangan telpon lagi! gila eneg banget gue sama @ilccourse
    0 retweets 0 favorieten
    Beantwoorden Retweeten Favoriet Volgen
    Meer
    RedZz de Lady ‏@RedZzdeLady 27 apr.
    gue mulai ngamuk sejak hari Jumat kemaren. gue lg tengah meeting sama CEO hrs keluar ruang meeting utk jwaab telpon. trnyt @ilccourse lagi.
    0 retweets 0 favorieten
    Beantwoorden Retweeten Favoriet Volgen
    Meer
    RedZz de Lady ‏@RedZzdeLady 27 apr.
    awalnya baek2 gue bilang, gue ngga minat dan tolong jgn ditelpon lg. masih juga besokannya ditelpon lg. besokannya ditelpon lg. @ilccourse
    0 retweets 0 favorieten
    Beantwoorden Retweeten Favoriet Volgen
    Meer
    RedZz de Lady ‏@RedZzdeLady 27 apr.
    sebenernya gw biasanya ramah kalo nolak telemarketer. tapi nolak telemarketernya @ilccourse itu setara sama nolak telemarketernya speedy.

    • Saya murid di ILC Citraland, pertama ditawarin bahwa tempat kursus bla bla bla terus ditawarin promo bayar hari ini dsb. saya enggak mau pertamanya dan akhirnya dipaksa bayar deposit dulu aja 300rb biar promonya dapat dengan gayanya si marketing ILC, ditanya gimana kak emang harganya masih berat ya? dan kemudian dipanggilkan yang katanya “manager ILC” padahal setelah les tau bahwa yang diajak bicara itu bukan manager hanya sesama marketing sebagai taktik untuk meyakinkan saja. Guru-guru sekarang gonta-ganti karena banyak yang dipecat dan guru penggantinya hampir keseluruhan bukan native asli bahasa asing tersebut. Fotocopyan saja rusak terus dan kertas habis. Belajar dengan kertas bekas!!

  14. jukebox ‏@33396b532b8b451 3 apr. Vertaling weergeven
    @ilccourse booth plaza Semanggi janjikan refund ats uang trial class 300k.sdh seminggu hanya janji.tertipu oleh siasat bulus marketing ILC!!

    camellia ‏@Z41DAN 27 jan. Cakung, DKI Jakarta
    @ilccourse yg ada rewel ank2 itu,boro2 belajar,krn usia 2-4 th itu semua kudu pke mood makanya cari schedule bt junior kid itu kudu liat wkt

    camellia ‏@Z41DAN 27 jan. Cakung, DKI Jakarta Vertaling weergeven
    @ilccourse yg bikin schedule msh single kali ya,ga tau apa jam 11-13 itu ank2 usia 3-4 th wktunya lunch & boci😓

    BlackCoffeeCherry ‏@imaam_s 14 jun. Vertaling weergeven
    Sudah bayar @ILC_entre berapa bulan adiknya? || saran saya tak usah diperpanjang.
    0 retweets 0 favorieten
    Beantwoorden Retweeten Favoriet Volgen
    Meer
    BlackCoffeeCherry ‏@imaam_s 13 jun.
    Semoga saja mahasiswa/i @uinjakarta dan masyarakat lain tak ada lagi yang tertipu oleh @ILC_entre !!!
    3 retweets 0 favorieten
    Beantwoorden Retweeten3 Favoriet Volgen
    Meer
    BlackCoffeeCherry ‏@imaam_s 13 jun.
    Daganganny @ILC_entre ada yg bilang kurikulum ikut Cambridge, padahal guruny aja gak tau min @uinjakarta. Silabusnya guru nyediain sendiri..
    3 retweets 0 favorieten
    Beantwoorden Retweeten3 Favoriet Volgen
    Meer
    BlackCoffeeCherry ‏@imaam_s 13 jun.
    Yg @ILC_entre tawarkan; pengajar penutur bhs asli | laboratorium | kafe | jadwal belajar yg fleksibel dll itu semua bohong min @uinjakarta
    3 retweets 0 favorieten
    Beantwoorden Retweeten3 Favoriet Volgen
    Meer
    BlackCoffeeCherry ‏@imaam_s 13 jun.
    Klo ke Poinsquare Lbk. Bulus melihat marketing @ILC_entre baju merah hati-hati, mereka berakal bulus min @uinjakarta || #ILC #PENIPU
    5 retweets 0 favorieten
    Beantwoorden Retweeten5 Favoriet Volgen
    Meer
    BlackCoffeeCherry ‏@imaam_s 13 jun.
    Min @uinjakarta ini ~> @ILC_entre yang katanya lembaga “pendidikan” bahasa, namun berbasis bisnis dengan manajemen pabrik. || #ILC #PENIPU
    4 retweets 0 favorieten
    Beantwoorden Retweeten4 Favoriet Volgen
    Meer

  15. Lebih baik , kita sama – sama untuk mencari semua berita tentang ILC supaya tidak ada penipuan lagi di Mall – Mall di Jakarta , kasian orang tua murid mencari uang susah payah tapi uangnya dihabiskan untuk kesenangan ILC DAN HUSEIN LEE.

  16. ILC itu kursus abal – abal dipenuhi dengan orang – orang yang berhati jahat untuk menipu uang setiap orang tua siswa dan dapetnya pengacara abal – abal baru lulus dari Universitas Bung Karno yang ijazahnya ya begitu deh , lalu baru lulus PERADI udah mau sok nuntut pemilik blog ini , lagipula sampe blog ini ada apa apa banyak yang bela kok , semuanya kebenaran yang diungkap bukan kebohongan , saya barusan tanya sama konsultan fitness tempat saya ngegym di Celebrity Fitness , yang menyatakan kalau : FENTY , RISWAN , DAN HUSEIN memang pernah kerja di CF EX-Plaza Indonesia dulunya , silahkan kroscek di CF , Saya kebetulan tanya sama distrik managernya langsung yang katanya sih mereka sudah lama dan mengenal 3 orang itu. Lalu apa lagi ? Apa perlu sampe ke HRD CF ?
    Mereka ber3 adalah 3sekawan yang mau menipu uang orang – orang yang ada di Jakarta , kita harus meramaikan berita tentang ILC ini supaya tidak ada orang yang tertipu kalau perlu pasang muka si husein sekalian.

  17. Dulu saya pernah bekerja di ILC Pada tahun 2014 , Jujur manajemen perusahaan ini kacau sekali terutama tentang manajemen sumber daya manusia , perusahaan hanya menggerogoti tenaga manusia tanpa memberikan kompensasi yang berarti , sales disuruh kerja 12 jam , customer service kerja 12 jam , memang kami orang miskin yang butuh pekerjaan sehingga saya mau dan akhirnya bekerja sambil mencari perusahaan yang bagus , Alhamdulillah sekarang saya diterima di salah satu bank swasta di Jakarta Timur.

    ILC dengan bossnya adalah Pak Husein adalah orang yang sombong , congkak , dan suka menghina bawahan kemudian dia adalah orang yang licik dengan berbagai kontrak kerja di mana , kita tidak boleh bekerja di perusahaan sejenis setelah resign dari ILC. Apaakh itu ada dalam UU Ketenagakerjaan yang tidak memperbolehkan orang lain bekerja di perusahaan yang sama , sama seperti bank dari Bank M Bisa saja pindah ke Bank B. Banyak HAM yang dilanggar dalam kontrak ILC. Semua itu adalah otak dari petinggi ILC yaitu Husein Lee , Werdy Kasim , dan Fernanda Nando. Kemudian saya yang saya rasakan adalah disana petingginya tidak menghargai wanita , para manajer laki – laki suka merayu wanita yang menjadi bawahannya terkadang dengan cara yang tidak sopan. Saya bersyukur saya tidak bekerja di perusahaan kursus namun saya bekerja di perbankan nasional.

    Saya mendengar dari kawan saya yang masih bekerja di sana sudah 3 bulan ini , pembayaran gaji selalu telat dan tidak sesuai dengan waktu yang dijanjikan padahal kita sudah bekerja mati – matian 12 jam selama 6 hari seminggu 4 minggu sebulan + beberapa sisa hari dibulan itu. ILC Benar – benar tidak bisa dipercaya sebagai perusahaan. Saya mendukung blog ini untuk melakukan boikot terhadap ILC

  18. Sebenarnya Managemen ILC bisa bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah ini. Saya juga korban dari marketing ILC yg tidak bertanggung jawab janji uang saya 12 jt mau di refund gak ada kabar. Saya mendaftarkan 2 anak sy di ILC Grand Metropolitan Bekasi . Promosi ILC, bisa belajar dengan waktu fleksibel. Pas anak saya les ternyata gak sesuai janjinya. Saya minta refund gak bisa.

  19. Iya msh ada temen saya yg menunggu refund sebesar 18 jt. Saya dah minta dia membaca blog ini. Btw mbak Wanda apakah ketipu jg?

    • Assalamualaikum , Bu Ikawati saya adalah bekas pegawai ILC. ILC itu tidak akan bayarkan refund Bu Ika , karena dia selalu apa apa ditujukan ke pengacara ILC yang baru lulus dari UBK tahun 2014 itu. Jujur saja , kalau saya sarankan cobalah Ikhlas dan Tawakal Bahwa Uang Ibu Ikawati dimakan oleh Husein Sastranegara dan timnya , Dulu mba join sama salesnya siapa ? Kebetulan saya kenal banyak pegawai bekasi. Mba , kan skr udah bisa liat mukanya di Husein dan itu suatu hari orang itu akan dapat balasannya kok mba , sabar – sabar – sabar dan tawakal menghadapi semuanya.

      • waduhh… berarti saya juga harus siap merelakan duit pembyaran di dpn yg saya minta refund. saya komplain krn janji marketing tdk sesuai dgn apa kenyataannya. semoga blog ini bisa menjadi informasi berharga bagi teman2 yg mendapat tawaran atau mau joint dgn ILC. – (student ILC MOI)

      • Iya saya setuju ILC emang kacau dari segi manajemen,saya mantan karyawan iLC.. saya berharap ILC membayarkan sisa gaji saya sebesar 500 rbu an yg hingga saat ini masi dalam proses proses dan proses

  20. Malah ruwet kemarin saya disuruh menghubungi Pak Togu di kantornya Tanjung Duren. klao HO saya dah berapa kali complaint gak ada tanggapan. Togu Sitorus itu lawyer?patner usaha Husein Lee?

    • Togu itu bekas customer service golds gym , lalu sekolah pengacara lalu dia gak punya kerjaan dan dikasih kerjaan sama si husein belain husein kalau ada yang mau ngelawan husein , Togu itu gak bisa apa apa kok , cuman mungkin kalau ibu ketemu sama dia bakalan diputar – putar.
      Bu ikhlaskan saja , biarkan Allah SWT yang membalas

  21. Sales Muklis yg ngaku punya saham di ILC dah keluar, Fadolly atau MR Z yg kyk org arab HO dari Mall Ciputra keluar. Kenapa kok para Salesnya gak dilaporkan ILC? Khan mereka telah menipu atw mencemarkan nama baik ILC? Yang saya gak abis pikir memang gak boleh refund kalo yg dijual sesuai mbak. Masak kita beli mobil dikasi bajaj?

    • Mba Ikawati , skr Fadolly udah punya saham sendiri di 7 Language Center yang cabangnya di Harapan Indah Bekasi , Mall Cipinang Indah . Muklis itu masuk di Global Bahasa Sepak Easy , ILC gmana mau lapor , uangnya semua masuk ILC uangnya masuk ke Husein jadi ga mungkin lapor lah ILC menikmati uang hasil tipuannya kok.
      Mba Ikawati , skr sabar dan sabar selalu berdoa ke Allas SWT karena pembalasan adalah Hak Allah SWT

  22. Waduh asal jg ada korban lain. Saya masih berharap itikad baik dari ILC kalo gak boleh di refund mestinya ada solusi lain. Jadi kita mengeluh di blog ini bukan malah berikan pasal2. Lha kalo customer puas khan gak mungkin ngomong jelek. Kalo memang gentle yg diperkarain ILC bukan kita disini yg menjadi korban. Tp tuh para Marketing yg akhirnya buka kursus spt ILC……

    • Mba Ika , ini daftar kursus besutan dari ILC :

      7 Language Center = Mall Cipinang Indah , Harapan Indah Bekasi , dan Bogor
      World Language Academy = Baywalk , AEON Mall , dan Ratu Indah Mall , Makassar
      Universal Language Center = Rawamangun
      Splash International = Margonda , Depok

      Hati2 aja mereka semua sama seperti ILC

  23. dengar ILC saya ingat sama werdy kasim si penjahat kelamin yg dari goldsgym dipecat juga karna penggelapaan pajak,dengar dengar dia sudah berkeluarga dan baru lahiran anak,tp mash aja maen api…..ILC harus pecat si wedy ini,penipu ulung,..

  24. adminya ga beres nih,ko komen saya ga muncul klo bahas soal werdy kasim, jangan jangan ini werdy kasim yahhhh…….WK WK WK WK

  25. Togu Sugianto Sitorus , Jika anda terus terusan membela ILC dan tetap ada dalam ketiak husein maka reputasi anda yang akan rusak sendiri karena begitu disearch di google nama pengacara Togu Sugianto Sitorus , semuanya akan Il-fil. Karena anda itu pengacara kemaren sore dan belum bisa nanganin kasus online. Husein mau keluar uang berapa buat nutup situs ini , punya uang 5 miliar bayar departemen terkait , silahkan kalo bisa , kalo ga langsung bangkrut secara bayar gaji aja udah susah , gaji telat , banyak yang ga dibayar , dasar geng jahat ala husen.

  26. Kabar terbaru, ILC sedang dalam proses memberhentikan guru2 native speaker mereka. Dalam 2 bln ini sudah banyak guru native yang kehilangan kontrak kerja mereka secara mendadak, dan baru diberi tahu kurang dari sebulan sebelum mereka diberhentikan. Saat ini yang tersisa di ILC hanya guru2 Indonesia yang tidak kompeten! Sebelumnya saya ambil kelas perancis dengan guru native di level intermediate, tapi akhirnya setelah diambil alih guru orang Indonesia, kelas jadi amburadul!! Katanya mau nerusin pelajaran guru native, tapi begitu duduk di kelasnya, yg diajarin pelajaran level beginner, itu jg cuma tinggal seminggu sekali. Setelah ditanya2 ternyata hampir semua guru native akan segera, bahkan sudah, dipecat tanpa sebab!!

    Kelihatanya guru2 native dikontrak cuma pancingan supaya banyak murid daftar dan terikat kontrak belasan bln, dan pada pertengahan masa kontrak, setelah banyak yang daftar dan terikat, guru2 native yang pastinya bayarannya lebih mahal diberhentikan!!

    Masa kontrak les saya masih 8 bln, tapi saya sudah tidak mau datang dan memilih cari kursus di tempat lain. Kurikulumnya jg berantakan dan tidak berstandar. Memang mungkin untuk ILC ini adalah teknik dagang, tapi buat siswa yang sudah mengeluarkan uang jutaan, ini penipuan!!

    • Benar sekali, Nana. Saya salah satu yang tertipu dengan janji busuk ILC.
      Saat ini saya kursus di IIC Jakarta yang ada di H.O.S Cokrominato, kursus bahasa Italia yang saya pikir walau harganya hampir sama dengan ILC setahun untuk satu level [Saya dulu kena 3 juta] tapi saya mendapatkan banyak manfaat yang tidak bisa dinilai dengan uang. Saya banyak belajar dibandingkan saat di ILC dulu.

  27. Jujur saya menyesal sekali bisa ambil les di tempat yang tidak berkualitas seperti ILC. Sekali lagi saya katakan, saya teramat menyesal. Ada banyak keluhan yang ingin saya utarakan di sini:

    1. Mengaku jam fleksibel, ternyata banyak kelas yang kosong bahkan sejak saya mendaftar bersama teman-teman sekelas.
    2. Khususnya resepsionis wanita yang suka mengganggu teman-teman saya dan mengajak mereka berpacaran padahal teman-teman saya sudah punya pacar, bahkan melontarkan kata-kata kurang ajar yang katanya “putusin saja pacarmu”. Bayangkan kalau pacar teman saya sampai dengar, bisa-bisa terjadi keributan.
    3. Guru yang berkualitas dipecat semua, kenapa yang disisakan hanya yang tidak berkualitas
    4. Keluhan hanya dianggap angin lalu, saat bersama orangtua murid sikap mereka ramah tetapi kepada murid-murid yang les malah dijudesin dan dibentak, tapi kalau sama cowok ramah. Diskriminasi.
    5. Dijanjikan kalau nggak lulus levelnya bisa tambah satu tahun dengan gratis, buku cetak gratis, semua serba gratis bahkan pas awal masuk diiming-imingi lunch dan dinner gratis, ada culture corner, outing sebulan sekali, MANA!! Bohong semua!! Mereka ngaku-ngaku kerjasama dengan banyak perusahaan ternama.
    6. Kualitas murid-muridnya, khususnya anak-anak perempuan, hobi banget menggosip dan setiap kali menyarankan untuk mencari bule. Hampir di semua kelas yang berbahasa Spanyol, Italia begitu dan saya ingin muntah mendengarnya.
    7. Buat salesnya, saya udah nggak datang lagi dan jangan pernah telpon-telpon saya untuk gabung lagi. Bayangkan saja ditelepon saat dini hari. Sungguh mengganggu.
    8. Salesnya suka merendahkan tempat kursus lain yang lebih berkualitas. Katanya nggak dapat jaminan kerja lah, apa lah.

    Buat yang mencari kursus bahasa asing seperti Spanyol, Italia, Jerman, dll. Jangan mau ambil di ILC, nggak akan ada kemajuannya karena isi orang yang belajar di sana kebanyakan cuma buat ngejar bule doang. Sedikit sekali yang serius belajar. Saya sarankan les di Goethe (Jerman), Cervantes di Trisakti (Spanyol), IIC Jakarta (Italia). Itu didanai oleh pemerintah negaranya masing-masing. Kalau bahasa Jepang setahu saya ada di Japan Foundation. Harga lebih murah, fasilitas lebih banyak dan manfaatnya dapat.

    Baru-baru ini juga ILC buka booth di Semanggi. Jangan pernah mau bayar di muka kalau tempat kursusnya belum ada.

    Sekian,

    Verena Pang

  28. Saya juga guru bekas ILC , Di ILC hati2 sama guru guru bulenya soalnya ada dulu saya tahu murid ILC sampe gugurin kandungan abis ML sama seorang guru jerman yang mesum , dia ML di Hotel Ciputra karena saya pernah mergokin mereka naik ke lift waktu saya ngafe di Hotel Ciputra waktu Coffee break sama murid murid ILC , Saya resign dari ILC tahun 2015 awal karena masalah gaji suka telat lalu pindah ke DB eh sama aja malahan ga di bayar ampun2 deh

    • M*x ya? Dia kan punya istri
      Saya dulu kursus di ILC jujur kualitasnya buruk banget
      Selama les di ILC saya lebih sering nempel sama teman saya yang satu universitas soalnya takut sama pergaulannya yang parah-parah di sana

  29. Be Aware dengan orang yang ada di Foto ini :

    https://fbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xaf1/v/t1.0-9/s720x720/11070786_921335191221087_60668098818527124_n.jpg?oh=b9b7476e1a94275c4943500c1ef13166&oe=5678E033&__gda__=1449088119_274c13ac2dfcefb233da41396906c754

    Karena orang ini suka melakukan transfer virus Homo dan suka untuk merusak masa depan anak – anak yang sekolah di ILC , Orang ini sudah merusak generasi bangsa Indonesia untuk suka pria suka pria , jadi bagi orang tua yang anaknya tidak mau jadi HOMO mohon dijauhkan dari foto orang yang ada di link atas karena orang ini sudah sering kali membuat laki – laki normal menjadi Homo , dia adalah mantan pegawai Celebrity Fitness dan Golds Gym , dia juga sering ke klub malam dengan para teman – teman wanita sundalnya tidak jarang dia bawa student ganteng dikenalkan dengan tante – tante girang , bahkan kadang2 cowok gantengpun dibuatnya jadi Homo ga jelas.

    • Nah ini orangnya, teman saya pernah digoda sama ini orang
      Nggak berapa lama dia keluar dari ILC karena takut digoda sama dia

  30. Bener banget , saya paling ga suka sama dia karena waktu itu ada anak cowok memang modelnya sudah kemayu eh dirayu sama dia dan denger – denger sih pertama diajakin makan di kafe deket – deket sarinah , pulangnya dibawa ke Hotel dan dipakai itupun kita sebagai guru sampe shock liat orang kaya begitu banget , kok virus Homo disebar – sebarkan ya ? Kamu ada cerita apa tentang dia ?

    • Pokoknya temen saya ini pernah tiba-tiba dismsin sama dia, pertamanya teman saya ya nggak anggap serius
      Sampai suatu ketika dia diajak ketemuan dan tiba-tiba digoda gitu

      Dia nggak mau cerita lebih lanjut, merinding katanya.
      Nggak berapa lama dia nggak pernah dateng lagi.

      Teman saya ini teman akrab saya soalnya, sekelas pula ._.”
      Dia juga peringatin aku buat hati2 sama guru2 di sana khususnya FW soalnya dia duluan masuk ILC

  31. Oh My God , sampe segitunya dia , tapi ga heran sih anak SMA aja pernah dibuat jadi Homo sama dia apalagi temen kamu yang menurut penglihatan aku sudah Lulus SMA Ya , Tapi itu sih parah banget , digoda sama dia ? Diajakin Ke Hotel ya ? aDUH aku aja cewek merinding dengernya baca tulisan kamu , bener ga jelas dan jelek sekali ya ILC itu

    • (Maaf) temen aku soalnya wajahnya agak cantik, tapi dia udah punya cewek. Saya nggak tega tanya-tanya lagi, soalnya saya cewek dan malu juga nanyanya. Tapi ada juga adik tingkat yang les di ILC tujuannya cari bule =_+ what deh

    • Ho-oh, gara-gara oknum beginian saya dan teman sering kena tuduhan mau ngejar bule. Lah saya udah punya pacar sesama Indonesia ngapain cari bule? Ada-ada aja lho. Paling eneg pernah dengar gerombolan cewek ngomongin alat kelamin, saya yang dengar rasanya langsung mau muntahin makanan.

    • Iya sis
      Duh aku aja kaget cewek jaman sekarang kok ngomongin kek ginian
      Saya aja udah semester enam, ngomongin soal cowok kadang malu-malu padahal teman cowok saya agak banyak .__.||

      Serem sih jatuhnya udah pergaulan bebas banget ILC itu

  32. Free Sex Learning Center mungkin ya namanya harus diganti , ya mungkin bawaan juga dari ownernya juga dan pendirinya termasuk si Fahrul itu ampun deh saya liatnya , kadang aku risih banget pass di sana. ampun dah.

  33. Ooooooo iya , Ampun deh kok murid2 ILC ga ada malunya ya ngomongin kaya gitu di forum ini , tapi memang ada bagusnya sih supaya segalanya dikuak dan dibuka dan khalayak umum tau akan hal itu.

    • Makanya sis, saya aja syok. Lagian kursus di ILC kubilang mahal karena mesti bayar cash langsung di depan
      Kok kelakuannya kek gini ya. Kalau orangtua mereka tahu apa yang mereka omongin kasihan mereka.

    • Nope, saya keluar dari ILC kurang lebih dua bulan yang lalu.

      Berani juga CSnya sms kek gitu. Ckckck. Semoga cepet diperkarain itu orang dah

  34. Iya masalahnya nih orang tua merasa bahwa anaknya cowok satu2nya di ajakin ML sama maaf muka pribumi kaya saya , lalu orang tuanya marah dan maki – maki tuh CS di Puri Indah , Tapi anehnya sama ILC ga di pecat tuh CS. Aneh kan ???

    • Soalnya ILC lebih senang pelihara orang-orang bermoral buruk daripada yang bener
      ILC nggak dengerin komplain pelanggan, saya dulu pernah komplain karena gurunya sering nggak ada aja malah dibentak balik sama CS-nya padahal saya ngomongnya pelan.

  35. Memang mba – mba ILC itu orang kampung kaya PLACUR modelnya saya aja ga mau deket2 sama orang yang level pendidikannya ga sama kaya saya , malesnya saya di sana itu loh.

    • Pernah juga kok saya dikomentarin gini “cantik-cantik kok pakenya jeans, ga pakai rok pendek”
      Saya juga tahu kali bedain mana harus pakai rok pendek mana nggak, masa belajar pakai rok pendek.

  36. Iya kan memang di ILC CEWEK harus pakai rok pendek , saya pernah pakai baju yang super tertutup dan ditegur sama si Banci Fahrul itu disuruh pakai rok pendek , gila kan ?

  37. Hati-hati dengan guru ILC bernama Max, orang ini selain kampungan juga mesum karena ternyata banyak murid yang pernah dimesumin sama dia bahkan ada yang sampai hamil terus digugurin. Selain itu dia juga tidak tahu diri karena pinjam uang sama murid dengan alasan kecopetan

    • I don’t know you and I know that you don’t know me as well. please be so nice and introduce yourself. that we can go to police together. Maybe you can bring the women who are pregnant and I will bring my wife and my son. Don’t be like a fool.

    • It seems that you know a little bit about me. it is correct that I worked for Rumah Bahasa and GLC, but the rest is a big lie. Maybe you can say that Rumah Bahasa and GLC doesn’t exist anymore and many students still wanne have back their money. Mhm, no teacher got fired at Rumah Bahasa. Mr. Frendy Horas just didn’t want to pay salary. I am not more working for GLC, because I found a better job. But they became mad and started with stupid gossip.

      @ Wanda + murid ILC: Are you from GLC / RB/ Dunia Bahasa or from 7 Languages

  38. Saya : Herrybertus Suparto, mewakili anak bernama Maharani Ayuanindita.

    Pada tanggal 21 Maret 2014, kami melakukan pendaftaran di ILC La Piazza untuk les bahasa Italia, pendaftaran dilakukan oleh petugas bagian Marketing bernama Danisa, dan pada tanggal yang sama kami melakukan transfer uang sejumlah Rp. 8.988.000,- ( delapan juta sembilan ratus delapan puluh delapan ribu rupiah) untuk Administration Fee Rp. 300.000.- dan Monthly Fee Rp. 724.000 x 12 ( free 2 months ) dengan buk 2014ti Official Receipt no 005805.

    Pada saat itu kami menghendaki bulan Desember sudah bisa mulai les sebagai pengisi waktu libur, oleh petugas pendaftar dijanjikan bulan Desember diusahakan untuk bisa mulai les dengan segala waktunya yang demikian fleksibel mengingat setelah liburan selesai anak kami sekolah dan tinggal di asrama di Bogor. Kami sekeluarga sampai-sampai tidak melakukan perjalanan liburan ke luar kota khawatir kalau sewaktu-waktu ada informasi dari ILC untuk mulai les Ditunggu-tunggu hingga akhir Desember 2014 tidak ada informasi dari ILC. Akhir Januari 2015 belum mulai juga, bulan Februari 2015 belum ada kepastian juga. Maka pada awal bulan Maret 2015 saya mengajukan pembatalan pendaftaran karena ILC telah ingkar janji/wan prestasi.Pada saat ini saya diterima oleh petugas bernama Wanda yang mengaku gsebagai Supervisor (sekarang pindah tugas di ILC MOI) sekaligus saya meminta refund atas uang yang sudah saya transfer. Karena Wanda bukan petugas yang mempunyai wewenang untuk menjawab masalah ini, maka dia akan menanyakan dulu ke atasan. Selang beberapa hari saya menghubungi Wanda untuk menanyan apa jawaban dari atas, dan dijawab bahwa tidak bisa refund. Saya minta kepada Wanda untuk mempertemukan saya dengan atasan yang berwenang untuk masalah ini (sudah belasan kali). tapi hingga tadi siang tgl 18 Juni 2015 tidak ada kepastian kapan bisa ketemu dengan atasan yang berwenang.

    Saya bukan mengundurkan diri tetapi saya membatalkan pendaftaran karena ILC ingkar janji/wan prestasi. Saya berusaha menyelesaikan masalah ini secara damai/kekeluargaan, tetapi saya sebagai manusia mempunyai batas kesabaran.

    Saya berharap surat ini mendapat tanggapan secepatnya.

    Herrybertus S

  39. Hingga hari ini (3 Oktober 2015) tidak pernah ada niat baik dari ILC untuk mencari solusi ….. Memang ILC tujuannya mau menipu …!!

  40. Sungguh aneh, judulnya “Tidak Ada Penipuan Sama Sekali di ILC”, tapi yang memberikan testimoni “TERTIPU” banyak sekali.
    Komentar2nya pun banyak yang terperinci. Dengan melihat tanggal posting, kita bisa tau bahwa ILC terus menerus mengecewakan banyak pihak.

    • Surya , ini sebenarnya kalo mau tau lagi saya ada kabar bahwa saat ini Seven Language Center dan World Language Academy yang merupakan nama baru yang dibentuk oleh owner ILC untuk menghilangkan jejak saat nanti ILC akan tutup karena tidak sanggup membayar uang sewa dan gaji karyawan karena semua uang yang diterima ILC saat ini ternyata sedang dicuci di mesin uang yaitu “WLA” dan “Seven language center”
      Kondisi bahasa untuk #pendidikanindonesia #ILCisTeroris #Husein #FachrulWardiansyah #Werdikasim #ifanhalim #cersonhutabarat #ardiongko #maxwagner #charlesml semuanya ASli TUkang TIpu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s