Hati Hati Penipuan Tempat Les Global Bahasa International Language Center Speak Easy

Formulir kursus penipuan

Formulir kursus penipuan

Dear All,

Entah apa ada yang udah pernah ngepost sebelomnya tapi saya ingin mewanti wanti dan cerita kasus yang menimpa saya dengan tempat les bahasa Global Bahasa International Languange Center Speak Easy (mereka satu grup atau ntah memang nama sebenernya seperti tu).

Singkat Cerita

January 2015 gada kabar kapan kelas dimulai saya sms si Anas ini tidak ada balasan telpon gak diangkat, saya datang kembali ke mall tempat mereka buka booth dan ternyata mereka masih ada saya tanya ke salah satu marketing disitu kapan akan mulai kelas dan dimana Anas mereka jawab Februari karena gedungnya masih belum siap ok saya terima jawaban mereka.

Februari 2015 masih gada kabar sms n tlp Anas dan ttp gada jawaban mulai galau saya datang lagi ke mall tersebut dan mereka masih open booth saya tanya hal yang sama jawaban masih sama gedung belum siap kalau sudah pasti dikabari untuk placement test dan kelas dimulai. Akhir Februari saya disms untuk placement test dan kelas dimulai tgl 2 Maret 2015.

Maret 2015 -pertengahan April 2015 karena saya ada dinas kantor maka saya belum bisa untuk ikut kelas sampe akhirnya di minggu terakhir April saya datang ke tempat kursus itu ketemu Pak Ucok Manager cabang situ (katanya) memberikan jadwal kelas dan agak kaget dengan tempatnya yang bener bener diluar ekpetasi saya meeennn bayar 3,7juta dan katanya fasilitas yang dipunya cihuy tapi zoooonk gedung seadanya kelas imut imut(kecil) cat putih,student corner dan segala corner corner itu gada, pengajar lokal semua tapi oke sih pengajarnya (yang ngajar Prancis cihuy juga kok gak kalah sama dosen Prancis saya jaman kuliah ) sebenernya sih saya gada masalah dengan dengan fasilitas yang dijanjikan toh saya ngejar ilmu bukan fasilitas dan selama pengajarnya oke saya juga gak maslah mo lokal atau internasional, dikelas saya cuma bedua dan si missis ngajar dengan sabar dan oks.

Jadi gini gan/sis waktu Desember 2014 si tempat les ini open booth di salah satu mall deket rumah, tim marketingnya cihuy cihuy penampilannya dan salah satu marketing yang bernama Anas nyamperin saya dan mulai nawarin program program dan ajak saya untuk duduk di boothnya dy mulai menjelaskan program yang dipunya waktu kursus dan juga biaya, yaitu pilihan bahasanya banyak gak hanya Inggris aja tapi ada France, Mandarin, Jepang, Korea, Jerman dan lainnya dan kita selaku siswa bisa milih 2 bahasa untuk kursus dengan ambil paket untuk biaya dia awalnya ngasih saya harga 7 jutaan lalu dy mulai blg krn lagi promo dan jika saya punya kartu visa master maka biaya di diskon jadi 3,7 juta dengan waktu yang fleksibel dan pilihan 2bahasa, jadi gan/sis metode belajar yang ditawarkan dan katanya dimiliki si tempat les ini mirip kayak wallstreet dimana para siswa bebas milih jam kursus dan mengutamakan aktif nya siswa dalam percakapan tidak sistem textbook dan teori teori aja, jika satu hari itu kita ingin masuk ke beberapa kelas pun di bolehkan lalu fasilitasnya ada student/reading/coffee corner, mushola, wifi, audio video, thematic classes dan pengajar yang dijanjikan Local Teacher and Native Speaker, setelah ngalor ngidul akhirnya saya deal untuk ikut kursus ambil kelas Inggris dan Prancis (dgn pertimbangan krn lingkungan kerja yang mengharuskan lancar di dua bahasa itu) kartu saya di gesek lah di mesin dgn nominal 3,7juta dapat tanda terima no tlp si Anas ini yang blg “klo ada pertanyaan dan apa apa tlp saya aja ya” dan akan mulai kelas bulan Januari 2015.

Dan Sabtu kemarin 30 Mei saya dapat sms yang isinya mengundang hadir di pertemuan dengan pengacara team korban kasus Global Bahasa saya kaget karena gak tau apa apa saya telpon si pengirim dan beliau menjelaskan bahwa sejak tanggal 12 Mei itu tempat kursus ditutup owner dan pak Ucok udah kabur ntah kemana marketing marketing nomernya tulalit dan yang lebih ngenes staff pengajar ternyata gajinya juga gak dibayar saya memang sedang dinas luar kota selama 2minggu jadi tidak hadir les, saya kaget dan coba searching soal kasus ini dan ternyata ini bukan pertama kalinya Global Bahasa terlibat kasus seperti ini. Cabang mereka di Daan Mogot, Taman Palem, Gajah Mada, Buaran, Cibubur buka namanya pake nama macem macem ILC, Speak Easy, Global Languange, Global Bahasa dan bahkan di forum sebelah ada yang bahas kasus ini juga dan dari pihak si tempat kursus ini ada yang komen katanya Global Bahasa beda lah apalah inilah aah fuck lah mereka emang udah komplotan kayaknya dan padahal lembaga mereka terdaftar di kementrian pendidikan loh. Berdasarkan dari info yang saya dapat ternyata para korban itu beda beda jumlah uangnya dengan program paket yang sama. Info dari si Bapak yang sms saya para korban sudah membabkan lembaga ini dan memproses langkah hukum selanjutnya lokasi cabang ini di Buaran dan kami para korban akan mengadakan pertemuan dengan pihak pengacara.

Untuk agan/sista yang mungkin mengalami atau punya info mohon untuk share ya.
Dan untuk yang lain mudah mudahan tidak mengalami hal seperti ini, saya sendiri juga gak nyangka bakal jadi korban penipuan macam ni dan akhirnya ngepost di kaskus setelah selama ini cuma jadi silent reader hehe yah saya udah lama kenal kaskus dr jaman kuliah tp cuma jadi penikmat forum forum aja palingan aktif di FJB itu juga pake acc pasangan , yah jadikan pelajaran ternyata modus nipu itu sekarang udah super kreatif.
Thanks all maafken yak berantakan maklum newbie

12 thoughts on “Hati Hati Penipuan Tempat Les Global Bahasa International Language Center Speak Easy

  1. Saya juga kecewa dengan tempat les namanya International Language Center di Mall Ciputra , sumpah itu tempat ga punya kurikulum semuanya ngawur dan ga ada sama sekali progress test kalau ga marah – marah. Marketingnya brengsek namanya Dimas , manajernya namanya Pak Fahrul. Brengsek semua , nipu uang saya 9JUTA hilang dan saya ga mau ngeles lagi soalnya bener – bener aneh tempat lesnya , suka ganti – ganti guru lalu kurikulum ga jelas , murid lama dan baru dicampur , salesnya sukanya masukin orang baru yang levelnya ga sama.

    Pass mau refund dijawab ga bisa soalnya uang yang sudah masuk ga bisa di refund lagi , sumpah gw ga mau lagi kenal les bahasa abal – abal lagi

  2. Saya juga punya kasus yang sama neh Miss FR2312 , tentang DIMAS gelapin uang saya, yang sekarang melarikan diri ke world language academy( WLA) menurut info dari satf ILC , saya suda follow up ke ILC dan info dari mereka bahwa dimas juga nipu ILC dan uangnya juga tidak pernah disetorkan ke ILC dibawa kabur sama dimas sialan itu,awalnya saya tidak percaya klo DIMAS ini ga setor ke ILC,baru saya percaya setelah mereka tujukin Laporan Polisi tentang DIMAS.dalam waktu dekat saya akan samperin DIMAS world language academy( WLA),ada yang tau alamatnya world language academy( WLA) ?

    • World of Language , Di Mall Baywalk – Pluit, Paling memungkinkan. Atau di Ratu Indah Plaza , Makassar. Denger2 di AEON BSD juga mau buka. Coba cek di Pluit dulu ya bu.

    • Mall Ratu Indah Makassar
      Kemarin sempat ketemu sm Yg Namanya Dimas dan Nawarin ke saya WLA, tp dasar yg gk mau blajar Bahasa asing sy bentak bentak tuh kemarub dimas. Haha

  3. Kalian juga korban ILC ya?jadi sbnrnya nama nya itu bukan cmn ILC aja ya,apa kalian ga lapor ke polisi dan melakukan tindakan apa gt?

  4. WLA ILC sama aja 1 manajemen penyedot uang haram. Hari ini WLA Baywalk resmi disegel sama mall Baywalknya. Ownernya? Kabur kemana tau!! Duit 9 juta ilang sia2…. sumpahin sial 7 turunan untuk penipu2 bangsat ini

    • Ckckcckk saya juga korban di wla baywalk. Selesai libur lebaran tgl 11 juli anak saya datang mau les seperti biasa ternyata kelas masih tutup. Awalnya saya pikir, karena masih suasana libur mungkin lusa sudah buka. Eeh ternyata 3 kali kesana kok ya masih belum buka juga. Ternyata dapet info tempat sudah closed. Sialan!! Gak bertanggung jawab

      • Saya jg les di WLA Baywalk, dan sampai skrg belom buka jg. Ada yg tau pemiliknya siapa? Kalo bs kita laporin ke yg berwajib.

  5. Saya juga korban ni… Ak daftar melalui marketing yg namanya dimas, kebetulan sy tinggal di apt baywalk jd mikir2 bagus juga kursus bahasa deket aja…sy sempat masuk sx aja krna pas sy masuk kelas mandarin eh ternyata dicampur ama yg ud lama jd sy disaranin ama guru lesnya nungguin aja ampe anak2 slesai final test biar enak. Jd saya itu daftar dari bulan mei itu sy nungguin ni final test yg katanya di pertengahan bulan july nnt tgl tepatnya dikabarin ama si dimasnya… Ini sy telp si dimas direject kemudian sy wa gak dibalas… Pas ini mo nyari no telp wla baywalk malah ketemu thread ini… Duhh kaget sy jd korban penipuan…

  6. samaaaaa. call ke baywalk minat no pic di wla. ditawarin private sama Zaid buat yang masih ada sisa masa belajar, tapi inggris saja. rasanya mustahil banget. 1 guru bisa private’in semua murid wla
    sampai saat ini gak ada email resmi dr wla, biasa mreka paling rajin email kalau ada perubahan jadwal
    ngak ada pihak wla yang contact by phone juga

    • Si zaid???? Bullshit tuh orang!!! Saya mantan pengajar ILC! Pengajar aja diajak duel ma dia! Orang Gila dia tub, sekarang di WLA, bareng sama Wendy,, ITU ownernya WLA! ADA TUH FB nya

  7. kenapa baru sadar sekarang kalo ILC itu nipu ya :”((( dari awal masuk situ udah ngerasa aneh sih, banyak banget janji yang gak sesuai waktu awal daftar, seperti udah termasuk modul, kemudian mereka bilang modl itu beli, tapi kalo gak beli tiap pertemuan di fotokopiin halaman yang lagi mau dibahas a.k.a yang dimaksud modul itu lembaran fotokopian yang mencal mencal. terus saya keluar dari ilc begitu saja karena memang waktu itu lagi sibuk internship diluar kota sehingga sertifikat A1 saya belum sempat saya ambil. waktu itu datang lagi ke POINS ternyata sudah pindah, skrg baru terpikir kenapa gak saya email aja minta buatin lagi, harusnya kan data masih ada. eh susah banget nyari kontaknya. waktu itu sih pernah juga begitu saya tau yg di poins tutup saya berniat untuk mengecek cabang lain yang terdekat emang susah banget gak ketemu-ketemu, bahkan gugel aja gak kasih result, kita tulis toko helm aja gugel langsung kasih detilnya beserta direction, ini gak sama sekali, gugel aja gak tau ILC itu apa malah result paling atas indonesia lawak club HAHAHAHA, sekarang saya baru sadar mereka gak punya website resmi apalagi database lainnya ::(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s