Global Bahasa Akhirnya Dilaporkan Ke Polisi (Dari Kompas)

Puluhan orang mendatangi Mapolda Metro Jaya pada Rabu (27/5/2015). Mereka melaporkan sebuah lembaga les bahasa, GB, yang diduga melakukan penipuan.

Lusi (32), salah satu korban, mengatakan, ia tertipu Rp 8,5 juta oleh lembaga les bahasa tersebut. Ia mengaku tergiur dengan promosi yang ditawarkan. Dia membayar uang dengan jumlah tersebut untuk program les selama setahun.

“Promosinya, saya bisa belajar delapan bahasa secara bebas. Yang penting, saya bayar di awal sekali, langsung bisa les delapan bahasa itu,” kata dia.

Namun, harapan wanita berambut panjang ini pupus begitu seminggu mengikuti kelas di lembaga itu. Ia mendaftar pada Maret 2015. Kemudian, pada April 2015, ia sudah tidak bisa lagi mengikuti kelas.

“Bangunan bimbelnya sudah ditutup, teman-teman les saya juga kebingungan, guru-gurunya pun bingung. Kami semua mencari pemiliknya, tetapi nomornya sudah tidak bisa dihubungi,” kata dia.

Korban lainnya, Lady (40), menjelaskan, lembaga les bahasa itu memiliki empat cabang, yakni di Buaran, Tangerang City, Taman Palem, dan Daan Mogot.

Ia mendaftarkan anaknya untuk mengikuti program pendidikan bahasa di lembaga itu. Awalnya, pendidikannya berjalan lancar. Namun, tiga bulan berjalan, kelas sudah mulai banyak kosong.

Anaknya datang ke kelas, tetapi tidak ada guru di sana. Ia pun mulai curiga sampai akhirnya gedung les anaknya itu tutup. Padahal, uang yang dibayarkan untuk lesnya itu seharusnya untuk jangka waktu satu tahun.

Melalui e-mail, para korban saling berkomunikasi terkait tutupnya lembaga les mereka. Kemudian, mereka melapor ke Polsek Kalideres.

Namun, petugas Polsek Kalideres menyarankan supaya kasus tersebut ditangani oleh Polda Metro Jaya karena lokasi penipuan tidak hanya terjadi di kawasan Kalideres, tetapi juga Tangerang. “Disuruh lapor ke sini, akhirnya kami ke sini. Ini sudah kali kedua kami ke sini,” ujar Lady.

7 thoughts on “Global Bahasa Akhirnya Dilaporkan Ke Polisi (Dari Kompas)

  1. Moderator , please input all of the news about Global Bahasa Speak Easy to make everybody in Indonesia know about them (“Riswanda and Ayu)

  2. Hi , Moderator
    Please , update semua berita tentang Global Bahasa International Language Center dan ILC karena ini harus diusut tuntas agar tidak ada yang tertipu dan tidak ada yang terjebak apalagi ILC skr buka di 9 Mall Besar di Indonesia , penipuan bisa terjadi di seluruh Indonesia jika tidak di berantas secepatnya

    Makasih

  3. Penipuan ILC Group harus segera diuangkap karena saat ini yang bernaung dalam ILC group adalah global bahasa ILC , Speak Easy ILC , GLC , ILC sendiri, Dunia Bahasa ILC. Cabang2 mereka ada di Mall Ciputra , Poins Square , La Piazza , Mall of Indonesia , Saint Moritz Puri Indah , Supermall Karawaci , Blok M Plaza , Grand Metropolitan Mall Bekasi , Supermall PTC Surabaya , Global Bahasa ILC : Cibubur Citra Gran , ITC BSD , Festival Citylink Bandung. Dunia Bahasa ILC : Ciputra Land Surabaya , Kalibata City , Cikarang Lippo , Summarecon Serpong.
    Jangan bairkan anak – anak kehilangan masa depan mereka karena kursus yang tidak bertanggung jawab.

  4. Saya juga korban yang di ITC BSD, Serpong. Sudah bayar 4,5 juta untuk 6 bulan. Baru beberapa minggu ikut kursus. Kemudian tempat lesnya tutup.

  5. Kepada Moderator

    Sebaiknya headline news ini harus diganti dengan judul :

    Konspirasi antara ILC , Dunia Bahasa terhadap bangkrutnya Global Bahasa , Global Language Center , dan Global Bahasa Speak Easy

    Selamat pagi , siang , dan malam kepada para pembaca TBI Language School sebuah Koran yang membahas dari sisi gelap perusahaan kursus multi bahasa yang ada di Indonesia.

    Apakah yang kalian ingin tahu tentang kursus macam – macam bahasa :

    1. Kursus Macam – macam bahasa adalah kursus yang bulshit dan tidak masuk akan secara garis besar tata cara belajar mengikuti peraturan menteri pendidikan.
    2. Kursus Macam – macam bahasa adalah kursus yang digunakan oleh segelintir orang untuk menjual tampang bule tampan dengan pundi – pundi Rupiah.
    3. Kursus Macam – macam bahasa di Indonesia rata – rata digawangi oleh orang – orang yang berasal dari perusahaan Fitness
    4. Tanyakan bagaimana tata belajar dengan fleksibel time kursus macam – macam bahasa ? Pasti mereka tidak bisa menjawab karena memang mereka tidak tahu bagaimana cara manage hal tersebut karena memang tidak mungkin seorang yang sudah kursus di level Intermediate dicampur dengan yang level 0 / Start. waktu Fleksibel artinya terserah murid bukan ?
    5. Tanyakan background pendidikan pemilik Kursus Macam – Macam Bahasa ? Husein ? Jenti ? Cerson Hutabarat ? Werdi Kasim ? Ifan Halim ? Bagus Jatikumoro ? Pak Budi Splash ? Saya berani menjamin mereka tidak ada satupun yang memiliki background dari pendidikan . Bagi mereka uang adalah segalanya namun apa daya memang orang Indonesia itu bodoh dan mudah ditipu oleh mereka.
    6. Tanyakan kepada manager di kursus multi bahasa , rata2 mereka itu berasal dari Perusahaan Fitness seperti : Celebrity Fitness , Golds Gym , dan Best Fitness. Kalian bisa tanyakan langsung kepada mereka ? baik di ILC , Dunia Bahasa , World Language Academy , dan Seven Language Center. Apa yang mereka ketahui tentang pendidikan ? Perkembangan Peserta Didik ? Micro Teaching ? Apakah hanya membayar staff ahli cukup ? dan mereka mendapatkan uang jutaan rupiah ?
    7. Tanyakan kepada mereka , berapa lama kalian menyewa tempat tersebut dan tanyakan surat kontraknya , jangan mudah percaya dengan mereka tanpa ada hitam di atas putih karena mereka adalah keturunan penipu dari perusahaan Fitness. Saya bisa menjamin owner dari sekolah bahasa macam – macam itu pasti juga pernah berkecimpung di dunia Fitness , mari kita lihat : Husein Lee dari Celebrity Fitness , Fenty Teekla Firdaus Sugama dari Celebrity Fitness , Riswanda dari Celebrity Fitness , Walter Nagawijaya-Glen Kumaunang dari Celebrity Fitness , Chris Suryo Wongso – Glen Kumaunang dari Celebrity Fitness, Cerson Hutabarat – Celebrity Fitness , Ifan Halim – Celebrity Fitness , Pak Budi Splash dan Jupiter Saragih – Celebrity Fitness , Werdi Kasim – Celebrity Fitness Lainnya. 99.5% Manusia penipu itu berasal dari Celebrity Fitness dan 1 Orang berasal dari tempat fitness lainnya. Apakah di Celebrity Fitness diajarkan cara berjualan menipu ? berbohong ? Bahkan Bagus Jatikumoro pun pemain baru di dunia macam – macam bahasa adalah bekas staff level rendah di Celebrity Fitness. Beberapa yang bukan dari Celebrity Fitness dan tempat fitness lainnya adalah : Jenty DB , Pak Budi Splash , Walter , dan Chris.
    8. Bagi anda semua pelanggan belanja di Mall , sebaiknya perhatikan jika ada menemukan sales yang menjual tanpa barang lebih baik berpikir 2 kali sebelum membeli produk tersebut.

    Sekian berita dari saya dan semoga Bermanfaat

  6. Saya juga pernah ikut Global Bahasa Daan Mogot, tapi bersama teman teman ex global bergabung mencari tempat kursus bahasa inggris yang baru dengan mendaftar bersama sama maka biaya bisa di tekan. Saat ini bersama teman saya men-trial kursusan di daan mogot baru. Bila ada EX Global yang mau gabung silahkan. hanya untuk teen dan adult.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s