Penipuan 7 Languages Botani (Dari Mangsa Cerson Hutabarat)

Pengalaman Si Mangsa Cerson Hutabarat

Misi agan agan sekalian ane mau bikin thread disini bukan mau fitnah atau menjelekkan tapi semata mata mau share agar ga ada lagi korban selanjutnya,,kronologisnya begini :May 2015 : Ane daftar kelas, pertama di tawarin sama salesnya buat bayar full sekitar 12 juta untuk 1 tahun tapi krna anak ane masih kecil dan takut doi ga betah akhirnya ane bayar buat 3 bulan dulu IDR 2.697.000 dan dijanjiin bakalan mulai belajar bulan agustus 2014. sebenernya gue agak takut kaya kasus lapak sebelah tapi karna yang cipinang udah ada gue yakin lah kalo yang ini ga nipu.

2lntmoi.jpg

Juli 2015 : ane dapet telpon dari salesnya katanya krna satu dan lain hal kelas baru di mulai bulan September 2015, ya ane masih positif thinking aja.

Bulan September 2015 : Ane dapet email tentang guru yang resign dari 7languages, nah ane bales deh tuh nanya kapan kelas dimulai, dan ane tunggu ga ada balesan. Ane sms ke salesnya ga ada tanggapan. akhirnya ane samperin boothnya masi pameran cari mangsa, mereka bilang kelas akan start Oktober 2015. Ane mulai kesel.

Bulan Oktober 2015 : Belum juga ada kejelasan trus ane samperin lagi boothnya nanya sebenernya kapan kepastian bakal dibuka kelasnya mereka bilang pihak BOTANI nya yang belum siap dan ane lagi lagi dijanjikan November 2015 Tuh kelas buka. Karna capek di PHP in ane bilang kalo sampe akhir november kelasnya belum buka ane minta refund aja, dan mas salesnya menyanggupi.

Akhir november 2015 : Kelas belum juga buka dan mereka masi aja cari mangsa siswa yang lain. Ane datangi boothnya ane nagih janji refund krna tahun baru ane udah jelas ga bisa ikut kelas kalopun tuh kelas buka krna ane mau pindah kota. Nah saat ane kesana nagih janji dibikininlah surat diatas kop surat bahwa ane bakalan dapet refund tanggal 1 desember 2015. yang bikin suratnya itu namanya Dani.

Selang seminggu ane kesitu lagi nanya perkembangan refund dan disitu kebetulan ada Managernya namanya Bu Zakiah,,ane tunjukiin surat refund sama zakiah (si dani juga ada) dan dia bilang ” INI BUKTINYA KUAT KO BU..NANTI SAYA SAAMPAIKAN KE OWNER SAYA YAH”

313tbub
tanggal 1 Desember seperti yang dijanjikan : Ane datang dong ngarep dapet duit refund dan lagi lagi ketemu sama si DANI dan ZAKIAH dengan entengnya si ZAKIAH bilang ” MAAF BU KITA ADA KEBIJAKAN GA BISA REFUND..INI KESALAHAN ANAK BUAH KITA (DANI)” helloo…dia orang yang sama yang seminggu lalu bilang BUKTI GUE KUAT,,sekarang dia bilang ga bisa refund..akhrinya gue debat karna gue merasa dirugikan dijanjikan berbulan bulan walopun ada klausal ga bisa refund tapi batal lah demi hukum karna dia uda ga menunaikan kewajiban dia. udah gitu malahan nyalahin anak buah ..anak buah salah berarti atasan ga becus didik anak buah.
Akhirnya gue dijanjiin bakalan dapet refund ..dia mau ajuin lagi ke ownernya . .Seminggu kemudian dia whatsapp gue bilang bakalan bikin perjanjian di atas materai untuk refund begini bunyi wa nya:
rmmnw6.png
lantas dpet lah surat yang di janjiin di atas kop surat dann PAKE MATERAI ,,pas gue tanya kenapa mesti tanggal 31 January 2016? katanya itu pas kelasnya buka dan dia ngarep gue berubah pikiran gajadi refund setelah liat kelasnya buka.
2ry0w8n
Akhirnya gue dengan sabar nunggu eehh tapiii pas tanggal yang dijanjikan buka gue liat kelasnya masi di cat,,ubin masih plester bahkan mau kesana pun lewat tangga darurat. Hello orang orang bayar mahal cuma buat les duduk lesehan di ubin yang belum di plester dan lewat tangga darurat??? gue udah males dan cuma mau minta duit refund..pas gue samperin si zakiah lagi di marahain sama orangtua murid yang lain yang dijanjiin kelas buka tgl 31 Jan 2016. Pas gue tanya gimana nasib refund gue dia bilang ga ada…ya panas lah gue udah di PHP – in berkali kali akhirnya gue dan orangtua murid lain pindah ke booth yang lagi pameran dan demo disitu ,,gila kan mereka bilang bakalan buka tgl 31 January tapi blum masi mlester lantai dan parahnya masi nyari mangsa siswa,,pas gue tanya ke ortu yang lain *yang makin lama makin banyak * mereka rata2 udah setor uang sebanyak 6 sampe 12 juta bahkan ada yang sampe 22 juta. dan ada yang di php-in lebih lama dari gue yaitu 1 taun…gila kann..
193805.jpg
parahnya lagi ada anak yang kesana jam 1 siang mau trial ceritanya eh sama pihak 7languagesnya dibilang adanya kelas nanti jam 5 ah si anak pulang lagi dong …boro..mau trial apaan ..lantai aja masih di plester…

2m63acg.jpg

akhirnya kita kekeuh minta ownernya datang ..awalnya dia bilang mau nyuruh anak buahnya aja datang *ga bertanggung jawab banget* pas gue bilang si zakiah aja anak buahnya tapi toh ga bisa apa apa akhirnya dia janji mau datang …..tapi si owner janji janji aja mau datang pada kenyataanya kita tunggu sampai malem tetep ga datang ..akhirnya banyak korban yang coret coret banner dengan kata kata penipu.

akhirnya kasus ini kita laporin ke polisi dan sampe skrng masi tahap penyelidikan.

yang gue heran yah sesudah pas kita misruh2 di botani malem itu ko botani cuma event coor nya aja yang turun,,dan pas ditanya dia ga tau apa apa..lah gimana…dan lebih gilanya lagi toh tetep ngebiarin mereka cari mangsa esok harinya bahkan sampe detik ini.

banyak siswa yang mau ikut les karena mau ikut tes masuk sekolah atau kerja karena di tunda tunda ga jelas kaya gitu mereka harus kehilangan uang dan malahan keluarin duit lagi untuk tes di tempat lain.
Kalo emang ni lembaga bukan abal abal mestinya ada penjelasan formal dari email ke siswa dong kapan fixnya di mulai itu kelas dan jangan di php – in udah di php in palsu pula. Selama ini semua siswa yang nyari 7 languages bukan mereka yang inform.

kalo tuh ownernya emang bertanggung jawab dan ga lari dari kenyataan harusnya pas korban misruh2 dia datang dan jelasin trus kasih solusi..itu baru LAKI…kalo ada penjelasan pasti kan enak…

sekarang bayangin aja ya misal satu orang udah setor 5 JUTA aja *which is banyakan lebih dari itu* sementara gue denger siswa yang daftar udah 400 orang = 400 x 5 Juta = 2 MILIARRRR.. di depositoin 6 bulan aja udah berapa tuh untungnya…gila kan nih

FYI NAMA OWNERNYA ITU CERSON HUTABARAT..ane cek di Linkedin itu dia dulu manager ILC…yah tau sendiri lah ceritanya

mudah mudahan ga ada mangsa yang terbuai janji manisnya lagi.

2 thoughts on “Penipuan 7 Languages Botani (Dari Mangsa Cerson Hutabarat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s