Pihak Dunia Bahasa Belum Miliki Izin Operasi Tempat Kursus

Lembaga bahasa bernama Dunia Bahasa di Ruko Boulevard Gading Serpong, Tangerang, belum memiliki izin operasi tempat kursus. Pihak Dunia Bahasa hanya mengurus perizinan sampai di tingkat kelurahan untuk surat keterangan domisili usaha (SKDU), belum sampai pada tahap izin operasi di tingkat kecamatan.

“Izin operasi itu harusnya diurus di tingkat kecamatan, kan ada seksi-seksinya. (Pengurusan) memang tidak langsung ke dinas pendidikan karena sudah ada unit pelaksana teknis daerah (UPTD) di kecamatan. Dunia Bahasa ini belum ada izin itu, cuma ada SKDU,” kata Camat Kelapa Dua Yayat Rohiman saat dihubungi, Jumat (7/8/2015).

Tempat Dunia Bahasa yang tiba-tiba tutup ini berada di wilayah Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Jika perizinan yang diurus hanya sampai di tingkat kelurahan, lembaga les yang bersangkutan belum diperkenankan untuk beroperasi. Namun, nyatanya, Dunia Bahasa sudah beroperasi setahun lebih.

“Dunia Bahasa ngontrak di rukonya saja sudah hampir dua tahunloh. Padahal, SKDU dia saja keluarnya belum sampai setahun,” tutur Yayat.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah peserta lembaga les bahasa Dunia Bahasa melaporkan pemilik lembaga tersebut yang bernama Jenty Lim ke Polsek Metro Kelapa Dua dan Polda Metro Jaya. Para peserta keberatan karena Dunia Bahasa tiba-tiba tutup tanpa alasan dan tanpa pemberitahuan apa pun pada Sabtu (1/8/2015) sampai hari ini.

Pemilik Dunia Bahasa juga tidak bisa dihubungi. Padahal, pada akhir bulan Juli, ada banyak peserta yang baru mendaftarkan diri untuk paket les setahun sampai tiga tahun dengan membayar uang sebesar belasan sampai puluhan juta rupiah di muka. Para peserta menduga, pemilik tempat les Dunia Bahasa membawa kabur uang mereka yang angkanya diperkirakan mencapai Rp 7 miliar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s