ILC Dalam Proses Buang Guru Native Speaker

Kabar terbaru, ILC sedang dalam proses memberhentikan guru2 native speaker mereka. Dalam 2 bln ini sudah banyak guru native yang kehilangan kontrak kerja mereka secara mendadak, dan baru diberi tahu kurang dari sebulan sebelum mereka diberhentikan. Saat ini yang tersisa di ILC hanya guru2 Indonesia yang tidak kompeten! Sebelumnya saya ambil kelas perancis dengan guru native di level intermediate, tapi akhirnya setelah diambil alih guru orang Indonesia, kelas jadi amburadul!! Katanya mau nerusin pelajaran guru native, tapi begitu duduk di kelasnya, yg diajarin pelajaran level beginner, itu jg cuma tinggal seminggu sekali. Setelah ditanya2 ternyata hampir semua guru native akan segera, bahkan sudah, dipecat tanpa sebab!

Kelihatanya guru2 native dikontrak cuma pancingan supaya banyak murid daftar dan terikat kontrak belasan bln, dan pada pertengahan masa kontrak, setelah banyak yang daftar dan terikat, guru2 native yang pastinya bayarannya lebih mahal diberhentikan!

Masa kontrak les saya masih 8 bln, tapi saya sudah tidak mau datang dan memilih cari kursus di tempat lain. Kurikulumnya juga berantakan dan tidak berstandar. Memang mungkin untuk ILC ini adalah teknik dagang, tapi buat siswa yang sudah mengeluarkan uang jutaan, ini penipuan!!

One thought on “ILC Dalam Proses Buang Guru Native Speaker

  1. Aku les di ILC Citraland dari Juni 2014

    Emang makin lama kualitasnya ILC buruk dan guru-guru yang berkualitas dipecat semua, baik lokal maupun native tanpa alasan yang jelas. Sisanya hanya guru-guru yang nggak berkualitas macam Max yang aku bilang tingkah itu kampungan. Bahkan pernah aku liat owner ILC keliaran di ILC Citraland sambil merokok.

    Kontrak aku tinggal satu bulan lagi dan aku sama teman-teman tinggalin ILC karena udah nggak ada manfaatnya juga les di sini. Belajar dikasih kertas bekas, guru ngajar diulang-ulang karena terlalu banyak ganti-ganti guru. Kelas bahasa tertentu sekarang adanya cuma sebulan sekali. Aku sama temen aku ngambil bahasa Spanyol, Italia dan Perancis. Jujur kami merasa rugi ambil di ILC, beruntung kami waktu itu dikenakan harga promo jadi cuma bayar tiga juta saja per tahun, tapi mungkin karena murah ya kualitasnya gini. Sekarang aku ngeles di IIC Jakarta yang lebih bagus kualitasnya dan harga lebih pasti ketimbang di ILC nggak ada kemajuan sama sekali.

    Aku rasa sebentar lagi ILC nasibnya bakalan sama kayak Dunia Bahasa, Global Bahasa dan Global Language Center.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s